...
0

Guguran Lava Gunung Karangetang Meluncur ke Lima Sungai

RajaBackLink.com
guguran-lava-gunung-karangetang-meluncur-ke-lima-sungai

Guguran lava Gunung Karangetang di Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, terpantau meluncur ke lima sungai di sekitarnya pada Sabtu (29/7). Ilustrasi. Guguran lava Gunung Karangetang di Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, terpantau meluncur ke lima sungai di sekitarnya pada Sabtu (29/7). (Antara Foto/Adwit B Pramono)

Jakarta, CNN Indonesia

Guguran lava Gunung Karangetang di Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, terpantau meluncur ke lima sungai di sekitarnya pada Sabtu (29/7).

Ketua Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Karangetang, Yudia P Tatipang, mengonfirmasi arah guguran tersebut.

“Jarak luncur guguran lava pijar yang mengarah ke beberapa sungai atau kali variatif,” ujar Yudia, seperti dilansir kantor berita Antara.

Ia kemudian menjabarkan bahwa berdasarkan pengamatan pada pukul 12.00-18.00 WITA, guguran lava meluncur ke Kali Kahetang sekitar 1.750 meter dan ke Kali Batuawang sekitar 1.500 meter.

Guguran lava juga meluncur ke Kali Batang sejauh 1.000 meter, ke arah Kali Timbelang sekitar 800 meter, ke Kali Beha Barat kurang lebih 1.500 meter.

Selama periode tersebut, terekam pula lima gempa guguran dengan amplitudo antara 3-25 milimeter selama 30-48 detik.

Tak hanya itu, terjadi juga 10 kal gempa embusan dengan amplitudo antara 10-20 milimeter berdurasi antara 18-20 detik, serta dua kali gempa tektonik jauh amplitudo 40 milimeter selama antara 63-93 detik.

Yudia pun menegaskan tingkat aktivitas Gunung Karangetang masih di level III siaga. Ia berharap warga mematuhi radius bahaya agar terhindar dari dampak awan panas guguran serta banjir material vulkanik.

(has)

Guguran
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com