...
0

Hamas Beberkan Negosiasi dengan Israel Selain Gencatan Senjata

RajaBackLink.com
hamas-beberkan-negosiasi-dengan-israel-selain-gencatan-senjata

CNN Indonesia

Selasa, 21 Nov 2023 15:22 WIB

Pejabat senior Hamas, Izzat al-Rishq, mengatakan kesepakatan gencatan senjata antara pihaknya dengan Israel bakal diputuskan dalam waktu dekat.
Ilustrasi. Konvoi pasukan Hamas Palestina. (REUTERS/AHMED ZAKOT)

Jakarta, CNN Indonesia

Pejabat senior Hamas, Izzat al-Rishq, mengatakan kesepakatan gencatan senjata antara pihaknya dengan Israel bakal diputuskan dalam waktu dekat.

Kepada Al Jazeera, al-Rishq berujar selain gencatan senjata, kesepakatan Hamas-Israel juga bakal mencakup soal aturan bagi truk bantuan untuk memasok semua wilayah di Gaza, serta evakuasi pasien ke negara lain untuk mendapatkan perawatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kesepakatan juga mangatur soal pertukaran para sandera, terutama perempuan dan anak-anak baik dari pihak Palestina maupun Israel.

“Kami telah mengirim tanggapan kami ke [mediator] di Qatar dan mereka bakal mengumumkan perjanjian tersebut,” kata al-Rishq, seperti dikutip Al Jazeera, Selasa (21/11).

Banner artikel Ceasefirenow

Kesepakatan gencatan senjata ini disebut memakan waktu lama lantaran Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu terus mengulur-ulur waktu.

Tel Aviv sejak awal agresi memang berulang kali menegaskan ogah gencatan senjata. Mereka menilai waktu yang tersedia bakal dipakai Hamas untuk mengumpulkan kembali kekuatan dan menyerang Israel.

Meski begitu, desakan komunitas internasional agar kedua pihak yang bertikai gencatan senjata sudah semakin mengemuka.

Menurut laporan Al Jazeera, kesepakatan gencatan senjata ini pun sudah disepakati oleh semua brigade di pihak Palestina.

Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, sebelumnya juga mengatakan perundingan untuk penghentian konflik ini sudah semakin mendekati kesepakatan.

“Kami semakin dekat menuju kesepakatan gencatan senjata (dengan Israel),” kata Haniyeh melalui pernyataan yang diunggah Hamas di saluran Telegram mereka pada Selasa (21/11).

Pejabat Israel juga telah memberi isyarat lampu hijau soal kesepakatan gencatan senjata ini.

(blq/bac)

[Gambas:Video CNN]

Hamas
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com