0

Imigrasi Soetta Buka Suara Respons Keluhan Gus Iqdam

RajaBackLink.com
imigrasi-soetta-buka-suara-respons-keluhan-gus-iqdam

Jakarta, CNN Indonesia

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno Hatta buka suara perihal pengalaman tak menyenangkan yang dialami oleh pendakwah Agus Muhammad Iqdam Kholid alias Gus Iqdam di area tempat pemeriksaan bandara.

Keluh kesah disampaikan Gus Iqdam lewat akun YouTube-nya pada 18 September 2023. Pengalaman tak menyenangkan didapat Gus Iqdam saat bersama rombongan hendak terbang ke Taiwan.

Pendiri Majelis Sabilu Taubah Blitar itu mengaku sempat ditanya oleh salah seorang petugas bandara dengan nada tinggi dan sempat tertahan untuk beberapa waktu.

Lewat keterangan resminya, pihak Imigrasi Soekarno-Hatta menjelaskan kronologi pemeriksaan yang membuat Gus Iqdam sempat tertahan.

Berdasarkan rekaman CCTV dan pemeriksaan internal terhadap pegawai yang bertugas pada tanggal 15 September 2023, rombongan Gus Iqdam yang terdiri dari empat pria dan satu wanita bertolak menuju Taiwan dengan menggunakan Maskapai China Airlines (CI762) tujuan Cengkareng-Taiwan.

Pada pukul 14.07, Gus Iqdam beserta satu wanita diperiksa di konter pemeriksaan nomor 6. Keduanya diperiksa oleh petugas Imigrasi berinisial LK bukan Afwan sebagaimana disampaikan oleh Gus Iqdam. Total pemeriksaan Imigrasi keduanya disebut berlangsung sangat lancar dan tanpa kendala selama durasi 2 menit 20 detik.

Sementara tiga orang rombongan Gus Iqdam lainnya diperiksa melalui konter 7 dan berlangsung lebih lama.

“Diketahui, ketiga calon penumpang ini tidak dapat menjelaskan rencana perjalanan secara jelas dan lengkap kepada petugas Imigrasi. Ketiganya sempat memberikan keterangan untuk bekerja, padahal visa yang digunakan adalah visa kunjungan,” sebagaimana termuat dalam keterangan Imigrasi Soekarno-Hatta.

Mengetahui hal tersebut, petugas kemudian melakukan wawancara secara mendalam. Pada pukul 14.11, petugas kemudian memanggil Gus Iqdam untuk menghampiri konter 7.

Di sana, Gus Iqdam memberikan penjelasan kepada petugas kalau ketiga orang dimaksud merupakan rombongan dengan tujuan dan keperluan yang sama.

Sembari menunggu dokumen tiket pulang dan akomodasi dapat ditunjukkan, petugas memanggil supervisor yang bertugas untuk melakukan pengecekan lebih jauh.

“Rekaman CCTV menunjukkan pada pukul 14:17:23 Gus Iqdam dengan sengaja mengambil foto konter pemeriksaan Imigrasi nomor 7 dengan menggunakan telepon genggamnya,” ucap keterangan dimaksud.

“Supervisor Imigrasi yang sedang melakukan pengecekan mendalam di konter tersebut kemudian menegur Gus Iqdam dan memberikan penjelasan tentang larangan pengambilan gambar di area imigrasi,” sambungnya.

Supervisor dimaksud lantas meminta Gus Iqdam untuk menghapus foto di telepon genggamnya. Permintaan tersebut dipenuhi oleh Gus Iqdam dengan menyampaikan permintaan maaf.

“Berdasarkan pada kronologi yang kami jelaskan di atas, tidak ada kendala dalam pemeriksaan Gus Iqdam sebagaimana yang beredar. Pemeriksaan berjalan sesuai standar pemeriksaan Imigrasi dengan rata-rata waktu satu menit per penumpang,” ungkap Imigrasi Soekarno-Hatta.

“Wawancara mendalam pada tiga orang rombongan Gus Iqdam di konter 7 dilakukan untuk mengantisipasi potensi Tindak Pidana Perdagangan Manusia (TPPM). Hal ini sebagai bentuk perlindungan kepada WNI yang hendak pergi ke luar negeri,” lanjutnya.

(ryn/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Imigrasi
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com