...
0

Jumlah Lowongan Kerja di AS Turun di Bawah 10 Juta per Mei 2023

RajaBackLink.com
jumlah-lowongan-kerja-di-as-turun-di-bawah-10-juta-per-mei-2023

Jumlah lowongan kerja di Amerika Serikat menurun menjadi di bawah 10 juta pada Mei 2023. Ilustrasi, Jumlah lowongan kerja di Amerika Serikat menurun menjadi di bawah 10 juta pada Mei 2023. (Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia

Jumlah lowongan kerja di Amerika Serikat menurun menjadi di bawah 10 juta pada Mei 2023. 

Mengutip CNN Business, Jumat (7/7), Survei Pembukaan Pekerjaan dan Perputaran Tenaga Kerja BLS mencatat lapangan kerja di AS turun menjadi 9,82 juta pada bulan tersebut. Angka ini turun jika dibandingkan lowongan kerja pada April, yakni 10,3 juta.

Dalam laporannya, penurunan lowongan pekerjaan ini terus terjadi sejak Maret. Saat itu jumlah lowongan kerja di Negeri Paman Sam mencapai 12 juta.

Meski cukup tinggi, jumlah itu diklaim masih di bawah jumlah lowongan kerja sebelum pandemi covid-19.

Kepala Ekonom ZipRecruiter Julia Pollak mengatakan keadaan ini terjadi karena banyak perusahaan berusaha mempertahankan pekerja daripada mengurangi jumlah karyawan. Menurutnya, hal ini juga berkaitan dengan inflasi AS yang cukup tinggi dalam beberapa waktu belakangan.

“Banyak perusahaan telah memberikan kenaikan gaji yang besar kepada para pekerja, tetapi dalam istilah yang disesuaikan dengan inflasi, mereka benar-benar melihat pendapatan riil mereka turun, dan pekerja masih mencari pekerjaan berupah lebih tinggi yang akan memulihkan daya beli mereka,” ucapnya.

Di sisi lain, Data JOLTS menunjukkan bahwa jumlah karyawan yang berhenti bekerja alias resign naik dari 3,77 juta menjadi 4,02 juta. Sedangkan, jumlah pemutusan hubungan kerja (PHK) turun dari 1,59 juta menjadi 1,56 juta.

Bank sentral AS (The Fed) berharap pembukaan lapangan kerja bisa terus meningkat. Sebab, ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran pekerja dapat menyebabkan upah naik.

Pada akhirnya, jika hal itu terjadi inflasi pun bisa ikut-ikutan naik. Kekhawatiran ini bukan tanpa alasan. The Fed telah susah payah mengendalikan inflasi dengan menaikkan suku bunga 10 kali berturut-turut.

Kalau inflasi kembali melonjak, maka tak menutup kemungkinan suku bunga acuan juga kembali dinaikkan.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/dzu)

Jumlah
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com