0

Jumlah Set dalam Permainan Bulu Tangkis Adalah 3, Ini Aturan Penilaiannya!

RajaBackLink.com
jumlah-set-dalam-permainan-bulu-tangkis-adalah-3,-ini-aturan-penilaiannya!

Jakarta

Dalam pertandingan bulu tangkis atau badminton dikenal istilah set yang merujuk pada game atau gim. Jumlah set dalam permainan bulu tangkis adalah tiga. Ini berlaku untuk permainan tunggal maupun ganda.

Untuk mengetahui hal tersebut, kamu perlu mengetahui peraturan tentang sistem scoring atau penilaian dalam bulu tangkis, bagaimana tim mendapatkan nilai, hingga bagaimana tim dianggap memenangkan gim dan pertandingan.

Berikut ini sejumlah peraturan dalam penilaian permainan bulu tangkis seperti yang dikutip dari laman resmi Olimpiade.

Baik pertandingan nomor tunggal maupun ganda, jumlah set dalam permainan bulu tangkis adalah tiga gim. Ini disebut dengan best of three.

Tim bisa langsung dianggap menang jika menang dua gim berturut-turut. Gim ketiga diperlukan ketika kedua tim imbang 1-1.

Sistem Poin Penilaian Bulu Tangkis

Untuk bisa menang dalam sebuah gim, tim harus lebih dahulu mendapatkan 21 poin. Namun ketika permainan imbang di angka 20-20, maka disebut deuce. Permainan akan dilanjutkan sampai salah satu tim unggul dengan selisih dua angka, misalnya 22-20 atau 25-23.

Jika terus imbang, maka skor dibatasi hingga 29-29. Selanjutnya, tim yang lebih dahulu mendapatkan poin ke-30 adalah pemenang gim.

Dalam satu pertandingan, pemain juga harus bertukar posisi setelah menyelesaikan gim pertama. Jika berlanjut sampai gim ketiga, maka mereka harus bertukar posisi lagi. Pada gim ketiga, kedua tim kembali bertukar posisi setelah salah satu tim mencapai skor 11.

Bagaimana Mendapatkan Poin Bulu Tangkis?

Ada beberapa hal yang membuat kita mendapatkan poin dalam sebuah pertandingan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Ketika kok jatuh di dalam garis area permainan lawan. Jadi usahakan agar pukulanmu tidak melenceng atau terlalu jauh sehingga keluar garis.
  • Ketika pukulan lawan jatuh di luar garis area permainan kita. Sering kali pemain tidak membalas pukulan lawan karena memperkirakan kok akan jatuh di luar garis.
  • Ketika pukulan lawan membentur net atau melewati bawah net.
  • Ketika lawan memukul kok dua kali.
  • Ketika raket lawan menyeberang net atau menyentuh net.

Nah, itulah tadi telah kita ketahui bahwa jumlah set dalam permainan bulu tangkis adalah tiga. Namun jika tim bisa langsung menang dua set, maka tidak perlu melanjutkan gim ketiga.

Simak Video “Dukungan Penonton BNI Sirnas 2023 Banjarbaru Tidak Kalah Heboh!
[Gambas:Video 20detik]
(bai/inf)

Jumlah
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com