...
0

Kebakaran Lahan di Baruna Semarang, 4 Mobil Pemadam Dikerahkan

RajaBackLink.com
kebakaran-lahan-di-baruna-semarang,-4-mobil-pemadam-dikerahkan

CNN Indonesia

Minggu, 20 Agu 2023 23:28 WIB

Sebanyak empat unit mobil pemadam kebakaran berhasil memadamkan kebakaran lahan di Baruna, Semarang, Jawa Tengah.
Ilustrasi. Sebanyak empat unit mobil pemadam kebakaran berhasil memadamkan kebakaran lahan di Baruna, Semarang, Jawa Tengah. (iStockphoto/x-reflexnaja)

Jakarta, CNN Indonesia

Kebakaran terjadi di dekat area parkir Baruna, Tanah Mas, Semarang, Jawa Tengah, pada Minggu (20/8) malam. Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang mengerahkan empat unit mobil pemadam kebakaran untuk menjinakkan si jago api itu.

Empat unit mobil pemadam kebakaran itu terdiri atas dua unit dari Markas Pusat Damkar Kota Semarang di Jalan Madukuro, satu unit dari Markas Sektor Genuk, dan satu unit dari semarang Timur.

Kepala Dinas Damkar Kota Semarang Nukholis mengungkapkan bahwa kebakaran terjadi di sebuah lahan kosong seluas dua hektare di kawasan Baruna. Kebakaran itu sudah padam sekitar pukul 20.00 WIB.

“Lahan kosong yang terbakar, lahan yang ditumbuhi ilalang,” kata Nurkholis, dikutip dari Antara, Minggu (20/8).

“Kebakaran terjadi sekitar pukul 18.00 WIB, tapi tadi pukul 20.00 WIB sudah masuk tahap pendinginan,” jelasnya.

[Gambas:Video CNN]

Nurkholis mengatakan sejauh ini tidak ada korban jiwa akibat kebakaran lahan tersebut. Namun di sisi lain, ia belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut.

Belakangan ini, kata Nurkholis, kerap terjadi kebakaran lahan kosong seiring musim kemarau kering yang merupakan dampak dari El Nino.

“Akhir-akhir ini memang terjadi (kebakaran) di lahan kosong,” ujarnya.

“Makanya, kami imbauagar pemilik lahan yang belum digunakan itu bisa membersihkan sampah dan daun kering. Karena, berbahaya jika terbakar,” imbaunya.

Di sisi lain, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang Endro P. Martanto sebelumnya telah mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap kebakaran lahan terbuka akibat El Nino.

Endro juga menjelaskan bahwa musim panas kering akibat El Nino membuat kebakaran mudah terjadi, termasuk di pahan terbuka.

“Imbauan kami, masyarakat agar tidak membuang puntung rokok secara sembarangan. Apalagi, sampai membuat api di kawasan-kawasan yang mudah terbakar,” imbau Endro.

(pra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Kebakaran
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com