...
0

LSI Denny JA: Pemilih yang Puas Kinerja Jokowi Ubah Haluan ke Prabowo

RajaBackLink.com
lsi-denny-ja:-pemilih-yang-puas-kinerja-jokowi-ubah-haluan-ke-prabowo

Survei LSi Denny JA mengungkap tren pergeseran publik yang puas dengan kinerja Jokowi beralih dukungan dari Ganjar ke Prabowo. Survei LSI Denny JA mengungkap tren pergeseran publik yang puas dengan kinerja Jokowi beralih dukungan dari Ganjar ke Prabowo.Subianto. (CNN Indonesia/Dhio Faiz Syarahil)

Jakarta, CNN Indonesia

Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA periode Juni 2023 mengungkap tren pergeseran pilihan publik yang puas atas kinerja Presiden Joko Widodo dari Ganjar Pranowo ke Prabowo Subianto.

Survei ini digelar pada 30 Mei hingga 12 Juni 2023 dengan melibatkan 1.200 responden. Sample survei diambil dengan metode multi-stage random sampling.

Tren itu nampak setidaknya dalam enam bulan terakhir. Penurunan pada Ganjar dan peningkatan pada Prabowo.

Hasil survei Juni 2023 menunjukkan Prabowo meraup sekitar 43,3 persen, meningkat dari Maret yang hanya 35,8 persen dan 29,7 persen pada Januari lalu.

Sementara Ganjar justru menunjukkan hal sebaliknya, hasil survei Juni menunjukkan Ganjar meraup sekitar 42,3 persen, Maret 47,8 persen, dan Januari 53,2 persen.

“Per Juni 2023, pertama kalinya yang puas terhadap Jokowi lebih banyak memilih Prabowo,” kata Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby dalam keterangannya, Senin (19/6).

Adjie turut mengungkapkan beberapa alasan dari terjadinya tren tersebut. Pertama, penolakan Ganjar atas Timnas Israel di Piala Dunia U-20 lalu menunjukkan ia lebih patuh kepada Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri ketimbang Presiden Jokowi.

Kemudian, sebutan petugas partai yang kerap disematkan kepada Ganjar juga membuat publik menilai ia lebih dikendalikan oleh Megawati.

Tak hanya itu, sebutan petugas partai itu di satu sisi menguatkan posisi Prabowo lantaran dinilai lebih bisa mengambil keputusan lebih cepat ketimbang Ganjar.

“Prabowo bisa langsung deal dengan Jokowi soal apapun, sementara Ganjar perlu ada perantara partai karena posisinya sebagai petugas partai,” ujarnya.

Selain itu, publik juga menilai Prabowo memiliki kedekatan secara emosional dengan Jokowi dan keluarganya.

Pada hasil survei lembaga lainnya, Saiful Mujani Research Centre (SMRC) periode Mei lalu menunjukkan Ganjar merupakan sosok yang dipercaya mampu meneruskan kinerja Jokowi.

Hasilnya menunjukkan Ganjar meraup suara sekitar 44,5 persen, disusul Prabowo 25 persen, dan Anies di posisi ketiga dengan 18,8 persen.

(mnf/isn)

[Gambas:Video CNN]

Denny
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com