...
0

Makan Tahu Tempe Jadi Pemicu Asam Urat, Apa Benar?

RajaBackLink.com
makan-tahu-tempe-jadi-pemicu-asam-urat,-apa-benar?

CNN Indonesia

Jumat, 20 Sep 2024 19:30 WIB

Produk biji-bijian tidak dianjurkan dikonsumsi penderita asam urat. Lantas, apa benar tahu tempe pemicu asam urat?
Ilustrasi. Banyak orang bertanya-tanya tentang apa tahu tempe jadi pemicu asam urat. (iStockphoto/inewsistock)

Jakarta, CNN Indonesia

Produk biji-bijian tidak dianjurkan dikonsumsi penderita asam urat. Lantas, apa benar tahu tempe pemicu asam urat?

Penderita penyakit asam urat jelas perlu memperhatikan asupan makanan. Biji-bijian jadi salah satu bahan pangan yang perlu dihindari karena memicu asam urat tinggi. Namun, ini tidak berlaku buat produk kedelai termasuk tahu dan tempe.

Hal ini sudah terbukti secara ilmiah, salah satunya lewat studi yang diinisiasi peneliti di Duke-NUS Graduate Medical School dan National University Hospital.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Berdasarkan penelitian kami, kedelai bisa memiliki efek perlindungan terhadap asam urat tapi hal ini perlu dipelajari lebih lanjut,” kata Teng Gim Gee, peneliti dan konsultan senior di divisi reumatologi National University Hospital, mengutip dari Strait Times.

Penelitian melibatkan 50 ribu orang China di Singapura yang direkrut pada 1993 hingga 1998. Kebiasaan makan mereka diteliti dan ditindaklanjuti dengan pertanyaan status medis dari 1999 sampai 2004 dan 2006 sampai 2010.

Apa benar tahu tempe pemicu asam urat?

Dari penelitian di atas, bagaimana dengan tahu tempe? Apa benar tahu tempe jadi pemicu asam urat?

Peneliti menemukan kedelai tidak terkait dengan risiko asam urat lebih tinggi. Dengan kata lain, tahu dan tempe tidak memicu asam urat.

Sebelumnya, sudah ada riset serupa tentang kaitan kedelai dan asam urat. Enam penelitian lain di Jepang dan Taiwan juga menunjukkan bahwa konsumsi kedelai tidak meningkatkan kadar asam urat tubuh.

Hanya saja, para peneliti belum dapat memastikan alasan kedelai tidak berkaitan dengan asam urat. Padahal, kedelai mengandung purin cukup tinggi.

Purin merupakan komponen pangan yang dapat memicu kenaikan kadar asam urat. Tidak heran para penderita asam urat dianjurkan menghindari pangan tinggi purin, termasuk biji-bijian.

Close-up of tempeh on cutting board with kitchen knife with other ingredients on table. Preparing a vegan dish in kitchen.Ilustrasi. Banyak orang bertanya-tanya soal apa benar tahu tempe jadi pemicu asam urat. (iStockphoto/alvarez)

Sejumlah penelitian telah menampik hal ini. Studi di Jepang menemukan, justru kedelai dapat meningkatkan ekskresi asam urat sehingga dinilai tidak berperan dalam meningkatkan asam urat.

Studi itu juga menunjukkan, kelompok yang paling banyak mengonsumsi daging merah punya risiko asam urat 8 persen lebih tinggi dari kelompok lain. Kemudian justru kelompok konsumen unggas yang peningkatan risikonya jauh lebih tinggi yakni 27 persen.

Demikian penjelasan mengenai apa benar tahu tempe jadi pemicu asam urat. Jangan lupa untuk selalu mengkonsultasikan asupan dengan dokter jika Anda memiliki asam urat.

(els/asr)

[Gambas:Video CNN]

Makan
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com