...
0

Makanan dan Minuman Ini Jadi Pantangan Penderita Darah Tinggi

RajaBackLink.com
makanan-dan-minuman-ini-jadi-pantangan-penderita-darah-tinggi

CNN Indonesia

Senin, 26 Jun 2023 01:52 WIB

Bagikan :  

Berikut ini 6 makanan yang jadi pantangan penderita darah tinggi. Ilustrasi. Makanan dan minuman berikut ini jadi pantangan penderita darah tingg. (iStock/AsiaVision)

Jakarta, CNN Indonesia

Penderita darah tinggi atau hipertensi tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu untuk mencegah masalah kesehatan lain. Berikut ini 6 makanan yang jadi pantangan penderita darah tinggi.

Tekanan darah tinggi juga disebut sebagai silent killer. Bahkan, belum lama ini Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menuturkan kasus hipertensi di Indonesia sangat tinggi. Sebanyak 1 dari 3 orang Indonesia mengidap hipertensi.

“Hipertensi sering disebut sebagai silent killer karena orang dengan tekanan darah tinggi tidak memiliki keluhan,” kata Budi di Hari Hipertensi Sedunia pada Selasa (6/6), seperti dikutip dari laman Kemenkes.

Melansir Eating Well, konsumsi makanan harian dapat memengaruhi tekanan darah seseorang, baik itu meningkatkan atau menurunkannya.

Berikut ini 6 makanan dan minuman yang jadi pantangan penderita darah tinggi.

1. Garam

Kandungan natrium dalam garam menjadi penyumbang utama yang menyebabkan darah tinggi dan sakit jantung. Pasalnya, natrium berpengaruh terhadap keseimbangan cairan dalam darah.

Mengutip Healthline, garam meja mengandung sekitar 40 persen natrium. Garam memang punya manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam takaran yang tepat.

Asosiasi Jantung Amerika (AHA) merekomendasikan konsumsi garam tidak lebih dari 1 sendok teh setiap hari.

2. Makanan beku

Frozen food memang cepat diolah dan memiliki rasa yang cocok di lidah banyak orang. Namun, makanan beku jadi salah satu pantangan penderita darah tinggi.

Makanan beku umumnya tinggi kandungan gula, garam, dan lemak jenuh.

3. Roti

ilustrasi roti bluderIlustrasi. Roti makanan yang jadi pantangan penderita darah tinggi. (iStockphoto/PicturePartners)

Makanan pantangan penderita darah tinggi selanjutnya adalah roti. Menukil WebMD, satu potong roti putih mengandung antara 80 dan 230 miligram.

Agar lebih sehat, Anda yang menderita hipertensi bisa beralih ke roti gandum atau tortilla untuk mengurangi sodium.

4. Daging merah dan daging olahan

Daging merah dan olahan jadi pantangan penderita darah tinggi karena mengandung natrium dan lemak jenuh. Jika Anda penderita darah tinggi, sebaiknya mulai membatasi konsumsi makanan seperti sosis dan burger.

5. Kafein

Ilustrasi pembuatan latteIlustrasi. Selain makanan, minuman mengandung kafein juga jadi pantangan penderita darah tinggi. (Taylor Franz/StockSnap)

Selain makanan, ada juga minuman yang jadi pantangan penderita darah tinggi. Kafein tidak hanya ada pada kopi. Kafein juga ada pada teh, minuman berenergi, hingga soda.

Mengutip berbagai sumber, jika dikonsumsi berlebih, kafein dapat meningkatkan tekanan darah. Orang dengan hipertensi perlu membatasi asupan kafein.

6. Soft Drink

Selain mengandung kafein, soft drink juga mengandung banyak gula olahan dan kalori kosong. Minuman dengan kadar gula tinggi dikaitkan dengan obesitas bagi orang-orang dari segala usia.

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas berisiko lebih besar terkena tekanan darah tinggi.

Itulah 6 makanan yang jadi pantangan penderita darah tinggi. Hindari untuk hidup yang lebih sehat.

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]

Bagikan :  

Makanan
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com