0

Menhub Singapura Ditangkap Gegara Kasus Korupsi

RajaBackLink.com
menhub-singapura-ditangkap-gegara-kasus-korupsi

Menteri Perhubungan Singapura S.Iswaran ditangkap sehubungan dengan penyelidikan kasus korupsi awal pekan ini. Menteri Perhubungan Singapura S.Iswaran ditangkap sehubungan dengan penyelidikan kasus korupsi awal pekan ini. (AFP/ROSLAN RAHMAN)

Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Perhubungan Singapura S. Iswaran ditangkap sehubungan dengan penyelidikan kasus korupsi awal pekan ini.

Biro Invstigasi Korupsi (Corrupt Practices Investigation Bureau/CPIB) mengonfirmasi bahwa Iswaran ditangkap pada Selasa (11/7).

“[Iswaran] ditangkap pada 11 Juli 2023, kemudian dibebaskan dengan jaminan,” demikian pernyataan CPIB kepada AFP, Jumat (14/7) malam.

CPIB juga menyatakan pihaknya menangkap taipan hotel, Ong Beng Seng, di hari yang sama. Sama seperti Iswaran, Ong dibebaskan dengan jaminan.

Sejauh ini, lembaga anti-korupsi itu belum memberikan keterangan lebih lanjut soal penyelidikan yang tengah mereka tangani.

Menanggapi kasus yang menjerat menterinya, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Long meminta Iswaran untuk cuti.

Lee juga mengatakan CPIB telah meminta persetujuan dia untuk penyelidikan formal yang akan melibatkan Iswaran.

Iswaran diselidiki terkait dugaan korupsi yang menguat usai CPIB menyatakan Ong masuk dalam investigasi.

Ong merupakan direktur pengelola Hotel Properties Limited (HPL). HPL punya sederet hotel dan resor kelas atas di lokasi sekitar Asia dan Pasifik.

Miliarder tersebut merupakan warga Malaysia yang menjadi penduduk tetap Singapura. Ia juga berperan dalam Grand Prix Formula One (F1) ke Singapura pada 2008 lalu.

Pada 2022, perusahaan pribadinya Singapore GP dan Singapore Tourism Board memperbarui kontrak menjadi tuan rumah balapan F1 hingga 2028.

Terkait penangkapan Ong, perusahaan bursa efek Singapore Exchange menyatakan bahwa taipan itu telah menerima ‘pemberitahuan penangkapan’ dari lembaga anti-rasuah. Mereka juga menyatakan Ong telah membayar jaminan.

Ong juga diizinkan berpergian ke luar negeri dengan meningkatkan uang jaminan menjadi SG$100 ribu atau sekitar Rp1,1 miliar

“[CPIB] telah menyetujui permintaan Ong bepergian ke luar negeri. Sekembalinya, Ong wajib melapor ke CPIB dan menyerahkan paspornya ke biro,” lanjut lembaga itu.

Singapura dikenal sebagai salah satu negara yang paling tidak korup di dunia. Para menteri dibayar dengan gaji yang sebanding dengan mereka yang berpenghasilan tertinggi di sektor swasta. Langkah ini dilakukan untuk mencegah korupsi di Singapura.

(isa/asr)

[Gambas:Video CNN]

Menhub
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com