0

Menhub soal Kereta Cepat Jakarta-Surabaya: Untuk Kabinet Selanjutnya

RajaBackLink.com
menhub-soal-kereta-cepat-jakarta-surabaya:-untuk-kabinet-selanjutnya

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan perpanjangan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung hingga Surabaya akan terealisasi pada periode pemerintahan selanjutnya. Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan perpanjangan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung hingga Surabaya akan terealisasi pada periode pemerintahan selanjutnya. (Tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden).

Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan perpanjangan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) hingga Surabaya akan terealisasi pada periode pemerintahan selanjutnya.

Berdasarkan pembahasan di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi menyebut proyek kereta cepat sampai Surabaya dilakukan setelah kereta cepat dari Jakarta sampai Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, rampung sepenuhnya.

“Iya tetap dilanjutkan (sampai Surabaya),” kata Budi di Lapangan Grha Sabha Pramana UGM Yogyakarta, dikutip dari Antara, Senin (31/7).

“Nanti akan sampai Surabaya untuk kabinet selanjutnya,” lanjutnya.

Kemenhub sebelumnya mengonfirmasi proyek Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya akan dikeluarkan dari Proyek Strategis Nasional (PSN) 2020-2024. Artinya, tak jadi dibangun di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menyatakan proyek kereta semi cepat yang didepak dari PSN memiliki spesifikasi berbeda dengan KCJB.

“Proyek Kereta Jakarta-Surabaya (yang mau dihapus dari PSN) ini adalah proyek KA Semi Cepat. Berbeda dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang sudah dalam tahap menjelang operasi,” ucap Adita kepada detikcom, Kamis (27/7).

“KA Semi Cepat diusulkan dikeluarkan dari PSN mengingat dalam PSN sudah ada kereta cepat Jakarta-Bandung yang akan diteruskan sampai Surabaya,” lanjutnya.

Sementara Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo mengatakan salah satu faktor yang menyebabkan Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya dihapus dari PSN adalah karena belum ada kejelasan soal pihak yang bakal memodali proyek itu.

Tak hanya itu, Wahyu mengatakan proyek ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan jangka waktu yang tidak sebentar.

[Gambas:Video CNN]

(fby/sfr)

Menhub
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com