...
0

Menteri LHK Klaim Malaysia Tawari Kerja Sama Atasi Asap, Bukan Protes

RajaBackLink.com
menteri-lhk-klaim-malaysia-tawari-kerja-sama-atasi-asap,-bukan-protes

CNN Indonesia

Sabtu, 21 Okt 2023 02:15 WIB

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar menyebut Pemerintah Malaysia menawarkan RI kerja sama untuk memperbaiki kualitas udara dan menangani masalah kabut asap.
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya ditemui di UGM, Sleman, Jumat (20/10). (CNN Indonesia/Tunggul

Yogyakarta, CNN Indonesia

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menyebut Pemerintah Malaysia menawarkan RI kerja sama untuk memperbaiki kualitas udara dan menangani masalah kabut asap di wilayah masing-masing.

Siti menuturkan, surat yang dikirim pemerintah Malaysia awal Oktober 2023 lalu bukanlah mengenai protes soal kabut asap dari wilayah Indonesia yang masuk ke Negeri Jiran, melainkan salah satunya tawaran kerja sama kedua negara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Saya sudah baca suratnya, isinya sebetulnya bukan komplain. Dia (Malaysia) hanya mengatakan kualitas udara di tempat dia tidak baik. Kemudian, kalau ada kerja sama yang bisa dilakukan Indonesia dan Malaysia, dia senang sekali bisa bantu,” kata Siti ditemui di UGM, Sleman, Jumat (20/10).

Lagi pula, lanjut Siti, berdasarkan hasil pemetaan tidak ditemukan asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia yang sampai melintas ke Malaysia atau transboundary haze pollution. Sehingga RI tidak bisa dipersalahkan soal memburuknya kualitas udara di Malaysia.

“Jadi enggak bisa dikomplain ke Indonesia,” katanya.

Merespons tawaran kerja sama dari negara tetangga, Siti melanjutkan, Pemerintah Indonesia dengan luasan wilayah yang berkali-kali lipat dibandingkan Malaysia memiliki pola atau sistem penanganannya sendiri untuk masalah kabut asap.

“Kita punya sistem sendiri dan wilayah kita gedenya minta ampun, coba bandingin Malaysia sama Indonesia emangnya nggak terbalik gitu loh,” ujarnya.

Kata Siti, sejauh ini Pemerintah RI sedang berupaya melakukan berbagai upaya untuk melumat karhutla dan kabut asap lewat teknik modifikasi cuaca, pemadaman darat, hingga water bombing. Namun diakuinya hasilnya masih fluktuatif.

Kementerian LHK di satu sisi telah meminta BMKG untuk menganalisa partikel asap lintas batas imbas karhutla dan kaitannya dengan buruknya kualitas udara yang mungkin dipengaruhi polusi sulfur dioksida (SO2), karbon monoksida (CO), nitrogen oksida (NO2), dan lain sebagainya.

“Tapi yang paling penting yang kebakaran juga ada perusahaan Malaysia tuh, Singapura, sama lah beberapa perusahaan, Jepang juga ada. China juga ada. Ya, saya kira kita saling belajar aja apalagi Indonesia kan akan menjadi pusat koordinasi untuk penanganan asap lintas batas negara,” ujarnya.

(kum/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Menteri
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com