...
0

Microsoft Segera Suntik Mati Aplikasi WordPad di Windows Terbaru

RajaBackLink.com
microsoft-segera-suntik-mati-aplikasi-wordpad-di-windows-terbaru

CNN Indonesia

Senin, 04 Sep 2023 19:35 WIB

Microsoft bakal menyuntik mati WordPad dan berencana menghapus pengolah kata itu dari pembaruan Windows yang akan datang.
llustrasi. Microsoft bakal menyuntik mati WordPad dan berencana menghapus pengolah kata itu dari pembaruan Windows yang akan datang. (Foto: AFP/DENIS CHARLET)

Jakarta, CNN Indonesia

Microsoft bakal menyuntik mati WordPad dan berencana menghapus pengolah kata itu dari pembaruan Windows yang akan datang. Aplikasi WordPad pertama kali hadir sebagai bagian dari Windows 95.

Dengan disuntik matinya WordPad, raksasa software ini akan merekomendasikan Microsoft Word, pengolah kata berbayarnya yang jauh lebih kaya fitur daripada aplikasi WordPad dasar yang telah dikirimkan sebagai bagian dari Windows sejak Windows 95.

“WordPad tidak lagi diperbarui dan akan dihapus pada rilis Windows mendatang. Kami merekomendasikan Microsoft Word untuk dokumen teks kaya seperti .doc dan .rtf dan Windows Notepad untuk dokumen teks biasa seperti .txt,” demikian keterangan Microsoft, mengutip The Verge, Senin (4/9).

Kabar mengenai penghapusan WordPad muncul hanya sehari setelah Microsoft mengungkapkan mereka memperbarui Notepad dengan fitur-fitur seperti penyimpanan otomatis dan pemulihan tab secara otomatis.

Microsoft memperbarui aplikasi Windows Notepad pada tahun 2018 untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir dan kemudian menambahkan tab ke versi Windows 11.

WordPad tidak mendapatkan perhatian yang sama. Pengolah kata ini diperbarui dengan Ribbon UI Windows 7, tetapi setelah sedikit desain ulang Windows 8, ia tidak memiliki tambahan besar. Microsoft sekarang akan menghapus WordPad sepenuhnya dalam rilis Windows terbarunya, yang kemungkinan besar akan menjadi versi Windows 12 yang diperkirakan akan hadir pada tahun 2024 dengan banyak fitur bertenaga AI.

Aplikasi WordPad pertama kali hadir secara bawaan pada Windows 95 yang rilis pada Agustus 1995. Dengan ini berarti aplikasi pengolahan kata itu resmi pensiun di usia 28 tahun.

Microsoft dalam beberapa tahun terakhir terbiasa untuk mematikan beberapa fitur klasik. Sebelumnya, perusahaan ini mematikan, kemudian menghidupkan kembali, fitur klasiknya MS Paint beberapa tahun yang lalu dan tahun ini mematikan aplikasi untuk asisten berbasis suara Cortana.

(tim/dmi)

[Gambas:Video CNN]

Microsoft
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com