...
0

Motor Hidrogen Yamaha Mirip X-Ride, Gendong Tangki di Jok Belakang

RajaBackLink.com
motor-hidrogen-yamaha-mirip-x-ride,-gendong-tangki-di-jok-belakang

JAPAN MOBILITY SHOW 2023

CNN Indonesia

Rabu, 01 Nov 2023 14:23 WIB

Yamaha membuat prototipe skutik hidrogen bagian dari HySE yang berbasis Zuma 125.
Yamaha memperkenalkan motor skutik hidrogen berbasis Zuma 125 di Japan Mobility Show 2023. (CNNIndonesia/Febri Ardani)

Tokyo, CNN Indonesia

Ada motor tak biasa yang tampil di booth Yamaha di Japan Mobility Show 2023, yaitu skutik bertenaga hidrogen yang menggendong tangki seperti tabung gas elpiji di jok belakang. Motor berbasis skutik trail Zuma 125 ini dipajang di sebelah buggy buatan Yamaha yang juga bertenaga hidrogen.

Berdasarkan penjelasan Yamaha, motor ini namanya Research Scooter. Sesuai namanya motor ini adalah kendaraan penelitian, bagian dari Hydrogen Small mobility & Engine technology (HySE).

Yamaha memperkenalkan motor skutik hidrogen berbasis Zuma 125 di Japan Mobility Show 2023.Motor skutik hidrogen Yamaha. (CNNIndonesia/Febri Ardani)

HySE sendiri adalah asosiasi penelitian mesin hidrogen yang menggabungkan riset empat produsen motor besar di Jepang, yaitu Yamaha, Honda, Suzuki dan Kawasaki. Asosiasi ini baru saja berdiri pada Mei 2023 dan disetujui Kementerian Perindustrian Jepang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Yamaha mengatakan mesin SOHC 125 cc yang populer cocok menjadi objek penelitian hidrogen.

Menurut spesifikasi yang ditampilkan skutik hidrogen ini memiliki pendingin cairan, lalu panjangnya tertulis 795 mm, lebar 1.960 mm dan tinggi 1.195 mm.

Tak ada penjelasan cara kerja mesin hidrogennya, tetapi pada bagian konsol depan bagian kiri terlihat ada saklar yang kemungkinan fungsinya untuk buka-tutup suplai hidrogen ke mesin.

Tangki hidrogen berwarna biru diletakkan di bagian belakang, posisinya menggantikan jok belakang jadi motor ini cuma bisa mengangkut satu orang yakni pengendara saja. Tangki dibungkus bingkai besi yang kokoh untuk menjaganya tak banyak bergerak saat dikendarai.

Yamaha memperkenalkan motor skutik hidrogen berbasis Zuma 125 di Japan Mobility Show 2023.Tangki hidrogen diletakkan di jok belakang. (CNNIndonesia/Febri Ardani)

Kecuali stiker dan logo HySE dan ‘H2 Hydrogen Engine’ serta bracket di depan lampu utama, selebihnya penampilan motor ini tak berbeda dari Zuma 125. Motor ini sekilas mirip X-Ride 125 tetapi lebih berotot, utamanya karena desain bodi untuk petualangan, lampu utama asimetris dan ban tahu.

Zuma 125 menggunakan mesin Blue Core SOHC empat katup dengan kompresi 11,2:1. Yamaha menjual motor ini mulai dari USD3.799 atau sekitar Rp60,5 juta.

Selain Yamaha, Suzuki juga memamerkan motor hidrogen berbasis Burgman. Sedangkan Kawasaki memperkenalkan Ninja 7 Hybrid dan motor listrik e-1.

Yamaha memperkenalkan motor skutik hidrogen berbasis Zuma 125 di Japan Mobility Show 2023.Yamaha memperkenalkan motor skutik hidrogen berbasis Zuma 125 di Japan Mobility Show 2023.(CNNIndonesia/Febri Ardani)

[Gambas:Video CNN]

(fea/mik)

[Gambas:Video CNN]

Motor
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com