...
0

Pertamina Energizing Your Action Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan

RajaBackLink.com
pertamina-energizing-your-action-ajak-generasi-muda-peduli-lingkungan

Pertamina | CNN Indonesia

Selasa, 20 Jun 2023 10:12 WIB

Bagikan :  

Pertamina Energizing Your Action menjadi upaya edukasi agar generasi muda terinspirasi untuk berperan aktif menciptakan lingkungan yang berkelanjutan. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bersama Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati pada kegiatan Pertamina Energizing Your Action di Lippo Mall Kemang, Jakarta, beberapa waktu lalu. (Foto: Arsip Pertamina)

Jakarta, CNN Indonesia

Puluhan anak muda yang mayoritas bagian dari generasi milenial dan generasi Z mempelajari pengolahan limbah plastik menjadi produk yang bernilai ekonomis dengan antusias di Lippo Mall Kemang, Jakarta pada akhir pekan lalu.

Di sudut lain, ada kelompok-kelompok yang tengah mencoba membuat beeswax wrap, alternatif pembungkus makanan dari bahan organik, mudah terurai (degradable), dan tidak beracun. Sementara, di panggung utama, pengunjung yang kebanyakan generasi muda tampak serius menyimak talkshow bertema menjaga dan mengelola lingkungan secara berkelanjutan dengan pembicara Putri Tanjung, Dian Sastrowardoyo, Cinta Laura, sampai Raditya Dika.

Sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, kegiatan Pertamina Energizing Your Action yang digelar oleh PT Pertamina (Persero) juga menampilkan pameran, foto dan instalasi seni yang mengedukasi tentang bahaya limbah elektronik, ancaman perubahan iklim, keanekaragaman hayati yang terus menyusut, hingga penggunaan energi baru terbarukan (EBT).

“Sebagai BUMN, Pertamina berusaha memberi edukasi dan menginspirasi generasi muda agar dapat berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang berkelanjutan dengan kemasan acara yang semenarik mungkin. Pertamina pun menggandeng berbagai komunitas yang memiliki komitmen sama dalam menjaga lingkungan,” kata VP Corporate Communication, Fadjar Djoko Santoso.

Hal itu diwujudkan seperti pada workshop “DIY (Do It Yourself) Plastic Waste Upcycling”, di mana Pertamina menggandeng komunitas Plastik Kembali yang didirikan pada 2019 di Selong Belanak, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Komunitas Plastik Kembali mengusung misi mengubah limbah sampah plastik menjadi karya seni dan kerajinan tradisional bernilai ekonomis.

Pada kesempatan yang sama, Pertamina memperkenalkan gerakan Pakai Molis, yang mengajak masyarakat menggunakan motor atau mobil listrik untuk menekan emisi dan menghemat energi.

Rangkaian kegiatan Pertamina Energizing Your Action dilengkapi dengan booth energizing sustainable community, yang memiliki beragam program unggulan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina.

Kehadiran sejumlah booth itu mempermudah pengunjung melihat informasi kegiatan Desa Energi Berdikari, Hutan Pertamina, Sampah Kita, Konservasi Fauna, hingga mengikuti permainan berhadiah gelas kayu ramah lingkungan dari produk Mitra Binaan Pertamina.

Fadjar mengungkapkan, program tersebut sejalan dengan pencapaian SDG’s pada poin 7 yaitu energi bersih dan terjangkau, poin 12 yaitu konsumsi dan produk yang bertanggung jawab, poin 13 yaitu penanganan perubahan iklim, poin 14 yaitu ekosistem lautan, dan poin 15 yaitu ekosistem daratan.

Lebih jauh, Fadjar pun menyampaikan apresiasi atas dukungan semua pihak dalam kegiatan Pertamina Energizing Your Action, yang disambut antusias tinggi dari masyarakat.

“Booth Energizing Sustainable Community dikemas sangat atraktif supaya masyarakat dapat lebih memahami upaya Pertamina melestarikan lingkungan hidup,” kata Fadjar.

Kegiatan Pertamina Energizing Your Action turut dihadiri oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Laksmi Dhewanthi, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, serta jajaran Direksi Pertamina Holding dan Subholding.

(rea)

[Gambas:Video CNN]

Bagikan :  

Pertamina
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com