...
0

Promotor Pastikan Circus Concerto Akan Bayar Performing Rights

RajaBackLink.com
promotor-pastikan-circus-concerto-akan-bayar-performing-rights

Jakarta, CNN Indonesia

Promotor konser Circus Concerto menjanjikan akan membayar performing rights atau royalti atas lagu-lagu yang dibawakan NOAH dan BCL dalam pertunjukan tersebut.

Dino Hamid selaku founder New Live Entertainment selaku promotor menjelaskan keputusan ini dibuat sebagai langkah awal menerapkan performing rights di industri hiburan dan pertunjukan.

“Kami melihat isu ini cukup krusial juga karena ada friksi di antara para seniman yang mana itu sahabat kita semua juga,” ujar Dino dalam konferensi pers di Jakarta Pusat. Jumat (25/8).

“Salah satu solusi di era digital ini ya harus pakai platform untuk menjalankan performing rights itu. Saya ada kesempatan untuk menjalankan itu, maka di proyek ini untuk pertama kali [dilakukan],” lanjut Dino.

Dino yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI) menjelaskan besaran pembayaran itu menyesuaikan regulasi, yakni sebesar 2 persen.

Ia menyebut biaya performing rights sudah termasuk dalam tiket yang dibeli penonton. Dengan demikian, pemilik hak cipta lagu yang dibawakan penampil dapat menerima porsi royalti langsung dari biaya tiket yang telah diatur.

[Gambas:Video CNN]

“Harga tiket itu sudah saya masukkan performing rights yang 2 persen,” ujar Dino. “Jadi, penonton itu membeli penyanyi yang mereka lihat di atas panggung, berikut juga membayarkan lagu-lagu yang dibawakan oleh musisinya,” 

Dino juga menerapkan skema baru lain dalam Circus Concerto, yakni terkait perizinan. Ia menyebut ajang yang digelar di JIExpo Convention Centre & Theatre itu disiapkan dengan skema perizinan satu pintu.

Skema baru itu membantu promotor dapat mengurus perizinan tanpa memakan waktu dan lebih mudah. Sebab, sejumlah promotor di Indonesia kerap susah mengurus perizinan karena birokrasi yang rumit.

“Salah satu visi terbesar saya itu memang mengenai perizinan satu pintu,” ujar Dino.

“Karena menurut saya itu yang paling beragam di Indonesia ini. Timeline enggak jelas, biayanya enggak jelas,” lanjutnya.

Dino menjelaskan skema perizinan satu pintu itu diinisiasi asosiasi dan telah mendapat perhatian pemerintah. Beberapa perusahaan ditunjuk untuk menjadi operator untuk mengelola skema itu dan menyambungkan promotor ke pihak berwenang.

Ketua APMI itu menyatakan Circus Concert menjadi pertunjukan pertama yang akan melakukan trial skema baru tersebut.

“Circus Concerto itu nanti event no. 1, pertama yang akan melakukan konsep trial perizinan satu pintu,” ujar Dino. “Jadi kita sekali upload, izin keluar, harga keluar, bayar.”

NOAH dan BCL akan tampil dalam dua pertunjukan berbeda dalam Circus Concerto. NOAH beraksi lebih awal pada hari pertama, sementara BCL manggung pada hari kedua.

Dalam konser ini, NOAH akan menampilkan sebuah pertunjukan bernama #showdiatasnormal. Suguhan itu akan terdiri dari penampilan musik, atraksi, serta ilusi.

Di sisi lain, penampilan BCL dalam pertunjukan ini akan menjadi kelanjutan tur konser solo miliknya bertajuk Blossom. Tur konser itu sebelumnya sudah digelar di Singapura dan Malaysia beberapa waktu lalu.

Promotor juga telah mengumumkan daftar harga tiket Circus Concerto. Tiket konser itu terdiri dari 7 kategori yang dijual secara presale dan reguler.

(frl/end)

Promotor
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com