...
0

Puluhan Kelompok Arus Bawah PPP di DIY Deklarasi Dukung AMIN

RajaBackLink.com
puluhan-kelompok-arus-bawah-ppp-di-diy-deklarasi-dukung-amin

Yogyakarta, CNN Indonesia

Puluhan kelompok simpatisan yang mengklaim sebagai bagian dari laskar arus bawah PPP di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendeklarasikan dukungan mereka untuk pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut satu Pilpres 2024, Anies Baswedan-Muhaimmin Iskandar (AMIN).

PPP diketahui telah terdaftar dalam koalisi bersama PDIP untuk mengusung Paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024.

Deklarasi laskar arus bawah PPP mendukung AMIN diklaim diikuti 21 kelompok simpatisan ini berlangsung di Hotel Burza, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Jumat (1/12) siang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ketua Forum Silaturahmi Relawan AMIN, Nana Yushendra mengatakan deklarasi ini menjadi bentuk niat bagi puluhan kelompok laskar arus bawah PPP untuk bergabung ke tim relawan pemenangan Anies-Muhaimin (Cak Imin).

“Kami sebagai laskar arus bawah PPP mempunyai idealisme bahwa kita butuh sosok pemimpin yang bisa mengayomi dan bisa berlaku adil bagi seluruh rakyat, maka teman-teman dari laskar PPP ini ingin bergabung ke tim relawan pasangan AMIN,” kata Nana, Jumat.

Nana menuturkan, puluhan kelompok relawan ini menghendaki perubahan yang digaungkan paslon AMIN. Kelompok arus bawah ini, klaim dia, juga sudah sejak setahun lalu condong ke Anies Baswedan dan gagasannya. Deklarasi serupa pernah digelar di JEC, Bantul, pada 2022 silam.

Dia menerangkan deklarasi ini juga sebagai bentuk kekecewaan terhadap elite PPP yang mengusung Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024 tanpa mendengarkan suara simpatisan.

“Ini (mendukung AMIN) murni aspirasi kami,” tegas Nana yang mengaku sudah menjadi simpatisan PPP sejak 1997 ini.

Nana menjabarkan, puluhan kelompok simpatisan yang hadir dalam deklarasi ini antara lain Laskar Elite Hizbullah, Hamka Kraton, Hamka Serangan, Laskar Mujahidin Kotagede, Laskar Intifada, Hamka Darwis, dan belasan lainnya.

Menurut Nana, satu kelompok relawan ini bisa masing-masing bisa beranggotakan paling sedikit 300 orang di luar struktural PPP.

“Ada yang 300, 400, 500, monggo dikalikan sendiri,” klaim Nana.

Ia pun memastikan dirinya dan para simpatisan yang ikut serta dalam deklarasi AMIN ini tak gentar akan ancaman sanksi karena tidak sejalan dengan keputusan parpol. Pihaknya berkomitmen setelah ini mendukung kampanye pemenangan Anies-Cak Imin di Yogyakarta.

“Kita berdemokrasi kan hak asasi, masa enggak boleh. Wong kita enggak di struktural kok, yang di struktural nggak bisa sanksi kita. Sanksinya apa, (misal) dipecat, ya nggak apa-apa,” tegas Nana.

Acara deklarasi ini sendiri turut dihadiri Ketua Bapilu DPW Partai NasDem DIY Aulia Reza serta Ketua DPW PKB DIY, Agus Sulistiyono. Mereka menargetkan raihan suara AMIN di DIY sebanyak 57 persen pada Pilpres 2024.

“Mudah-mudahan ini bisa jadi amunisi baru kemenangan AMIN di Yogyakarta,” kata Agus.

CNNIndonesia.com mencoba menghubungi Ketua DPW PPP DIY Muhammad Yazid terkait deklarasi arus bawah PPP mendukung AMIN itu. Namun, hingga berita ini ditulis belum ada respons dari Yazid.

Namun sebelumnya, Ketua Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Sandiaga Uno mengakui memang banyak akar rumput PPP yang mendukung AMIN.

Kepala Bappilu Nasional PPP itu enggan bersikap reaktif atau bahkan menanggapinya sebagai sesuatu yang negatif buat proses pemenangan Ganjar-Mahfud. Dia menilai ini adalah sebuah pekerjaan rumah untuk lebih meyakinkan para calon pemilih.

“Pasti, pasti ada (akar rumput PPP dukung AMIN) Di semua partai juga seperti itu dan itu fenomena yang telah menjadi realita. Justru itu PR bagi kita untuk meyakinkan saudara-saudara kita di seluruh wilayah Indonesia melihat apa yang PPP perjuangkan,” kata Sandi saat ditemui di Lapangan Sumbersari, Moyudan, Sleman, DIY, Minggu (12/10) pagi.

Baginya, fenomena akar rumput dukung pasangan calon dari koalisi seberang adalah sebuah hal yang wajar. Pengalaman maju Pilpres 2019 lalu sebagai cawapres Prabowo Subianto, menurutnya, juga telah membuktikan bahwa raihan sekitar 45 persen suara saat itu datang dari berbagai parpol.

“Saya di 2019 juga sebagai seorang calon banyak berkampanye di seluruh titik masyarakat, dipilih Prabowo-Sandi 45 persen pemilih, hampir setengah masyarakat kita dan itu dari beragam partai,” klaimnya.

Sandi justru melihat fenomena ini sebagai sebuah peluang menggaet pemilih lebih banyak lagi, khususnya dari luar kalangan kader, simpatisan, atau akar rumput koalisi parpol pendukung Ganjar-Mahfud.

(kum/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Puluhan
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com