...
0

RK Soal Tiga Pj Gubernur Jabar Usulan DPRD: Nanti Ditentukan Jokowi

RajaBackLink.com
rk-soal-tiga-pj-gubernur-jabar-usulan-dprd:-nanti-ditentukan-jokowi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut Kementerian Dalam Negeri juga memiliki wewenang untuk menentukan Pj gubernur untuk dikirim ke Presiden Jokowi. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan menentukan penjabat (Pj) gubernur Jawa Barat untuk menggantikan dirinya. (CNNIndonesia/Mundri Winanto)

Jakarta, CNN Indonesia

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan menentukan penjabat (Pj) gubernur Jawa Barat untuk menggantikan dirinya.

“Siapapun yang terpilih nanti ditentukan Pak Jokowi. Saya akan memberikan pandangan-pandangan agar proses 1,5 tahun menjadi Pj lancar,” kata RK di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (3/8).

RK membenarkan sudah ada tiga nama dari 10 calon Pj Gubernur Jawa Barat yang sudah resmi diusulkan DPRD Jabar.

Mereka di antaranya Direktur Jenderal Perundangan Kemenkumham Asep Mulyana, Guru Besar Universitas Padjadjaran Keri Lestari, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Ia mengatakan DPRD berhak untuk mengusulkan nama Pj Gubernur. Namun, ia menyebut Kementerian Dalam Negeri juga memiliki wewenang untuk menentukan Pj Gubernur.

“Ada nanti pintu pengusulan dari Kemendagri atau Pak Jokowi punya diskresi sendiri,” ujarnya.

Di sisi lain, RK mengklaim Jawa Barat kini dalam kondisi baik. Ia menyebut Jabar telah mendapatkan pelbagai penghargaan hingga mendapat predikat penanganan stunting dan pertumbuhan ekonomi yang baik.

“Jadi ibaratnya Pj tinggal ngegas aja. Mobil yang udah disiapkan saya kira akan sangat nyaman. Tinggal saya brief karena rata-rata kan bukan pemimpin politik ya,” kata dia.

Masa jabatan Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jabar akan berakhir pada 5 September 2023.

Guna mengisi kekosongan itu, pemerintah menunjuk penjabat kepala daerah. Para penjabat akan memimpin daerah hingga pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

(rzr/fra)

[Gambas:Video CNN]

Gubernur
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com