...
0

Sandiaga soal Hotel Penuh Selama MotoGP Mandalika: Bisa Pilih Homestay

RajaBackLink.com
sandiaga-soal-hotel-penuh-selama-motogp-mandalika:-bisa-pilih-homestay

CNN Indonesia

Selasa, 03 Okt 2023 10:15 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno mengakui pembangunan hotel lambat di sekitar Mandalika, padahal permintaan kamar hotel begitu tinggi saat ada ajang MotoGP.
Menparekraf Sandiaga Uno. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Jakarta, CNN Indonesia

Hotel-hotel di sekitar Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) dilaporkan telah penuh selama penyelenggaraan event balap MotoGP Indonesia yang berlangsung pada 13-15 Oktober 2023.

Tingginya angka pemesanan hotel berbintang di Mandalika saat ajang MotoGP berlangsung membuat banyak wisatawan lain perlu mencari alternatif tempat menginap selama di sana.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengakui pembangunan hotel yang lambat di sekitar Mandalika membuat banyak wisatawan tidak tertampung, padahal permintaan kamar hotel begitu tinggi ketika MotoGP digelar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sandiaga pun menawarkan wisatawan untuk bermalam di homestay apabila tidak mendapat hotel selama penyelenggaraan MotoGP Mandalika. “Kita tidak bergerak cukup cepat menambah hotel berbintang,” ujar Sandiaga dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf pada Senin (2/10).

Dia menyebut, homestay bisa menjadi alternatif penginapan selama di Mandalika dan ketersediaan akomodasi dalam bentuk homestay merupakan upaya pemerintah menampung membludaknya wisatawan saat MotoGP berlangsung.

“Yang kita bergerak cepat adalah penyediaan fasilitas akomodasi yang berbentuk homestay dan ini banyak mendapat apresiasi karena banyak wisatawan yang ingin tinggal dengan suasana berbeda. Selain homestay vila-vila juga banyak yang sudah ada,” jelas politikus PPP ini.

Kendati demikian, Sandiaga juga mengingatkan supaya biaya sewa homestay tidak naik berlebihan jelang dan selama penyelenggaraan MotoGP Mandalika. Dia menyatakan, akan ada pemberlakukan batas atas untuk harga sewa homestay di kawasan Mandalika.

“Kita menggunakan panduan tahun lalu. Ada batas atas dan batas bawah dan kita menunggu koordinasi dengan teman-teman di kabupaten dan provinsi karena (aturannya) diterbitkan pemda,” kata Sandiaga

“Kami menyampaikan, homestay yang biasanya Rp 200 ribu – 250 ribu naik mendekati Rp 1 juta tapi jangan di atas 4 kali lipat karena dapat mengganggu ekosistem pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan,” imbuhnya.

Sandiaga yakin persoalan akomodasi tidak akan menghambat event MotoGP Mandalika. Dia memprediksi terdapat kenaikan jumlah wisatawan, karena sekarang sudah melewati masa-masa pandemi Covid-19.

“Saya tidak terlalu khawatir untuk kekurangan tempat tinggal tapi diprediksi memang akan meningkat jumlah pengunjung dari MotoGP ini. Prediksinya naik 10-15 persen karena kita sudah lewat masa pandemi,” tuturnya.

(wiw)

[Gambas:Video CNN]

Sandiaga
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com