...
0

Strategi BAKTI Kominfo Akselerasi Pemerataan Akses Internet Indonesia

RajaBackLink.com
strategi-bakti-kominfo-akselerasi-pemerataan-akses-internet-indonesia

Jakarta, CNN Indonesia

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkomitmen untuk mempercepat pemerataan akses internet di seluruh Indonesia, termasuk di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Sebagai Program Prioritas Nasional, hal tersebut dilaksanakan dengan melanjutkan pembangunan Base Transceiver Station (BTS) 4G, pemanfaatan jaringan kabel serat optik Palapa Ring, dan pengoperasian Satelit Republik Indonesia (SATRIA)-1.

“Kami berkomitmen mempercepat penyelesaian pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan informasi untuk mendukung transformasi digital Indonesia sesuai amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo,” tegas Direktur Utama BAKTI Kementerian Kominfo, Fadhilah Mathar, dalam keterangan resmi, Kamis (26/10).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam Pertemuan dengan Pekerja Media di Kantor BAKTI Kementerian Kominfo, Jakarta Selatan, Selasa (24/10), dia menyebutkan capaian penyelesaian pembangunan BTS 4G berdasarkan data per 16 Juli 2023 sudah beroperasi 4.343 titik, termasuk adanya tambahan 626 lokasi yang sudah siap dan secara fisik sudah terbangun.

Fadhilah memaparkan bahwa akumulasi capaian tahap 1 dan 2 pembangunan BTS 4G di daerah 3T adalah 4.341 BTS, dari total 5.618 BTS yang direncanakan. Masih terdapat 1.277 BTS yang belum on-air, dan BAKTI berkomitmen untuk menuntaskan pembangunannya tahun ini.

Meski saat ini proyek BTS 4G BAKTI tengah berproses secara hukum, ia menyatakan Pembangunan Infrastruktur Menara BTS 4G harus terus berjalan dan diselesaikan demi terwujudnya transformasi digital Indonesia.

Maka dari itu, pihaknya menerapkan perbaikan tata kelola dengan menekankan prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas dan kepatuhan pada seluruh perundang-undangan.

“Tata kelola ini kerangkanya ada tiga. Pertama adalah good governance, kemudian kepedulian kami terhadap risiko, dan yang terakhir terkait dengan compliance kami terhadap peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Mengenai Proyek Palapa Ring yang telah selesai dilaksanakan, Fadhilah menjelaskan salah satu dampak yang bisa dirasakan adalah pemerataan akses dan harga layanan internet cepat (broadband) di seluruh kota dan kabupaten di Indonesia.

“Proyek Palapa Ring merupakan proyek backbone infrastruktur telekomunikasi serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer yang menjangkau 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Dia juga menjelaskan perkembangan SATRIA-1 yang siap terhubung dengan Remote Terminal Ground Segment (RTGS) di 150 ribu titik layanan publik terutama yang berada di daerah 3T.

“Kami harapkan sampai tahun 2025, seluruh desa berpemukiman di Indonesia itu sudah ter-cover teknologi seluler atau tersedia jaringan internet,” ungkapnya.

Ke depan, Fadhilah menegaskan akan terus meningkatkan penyelesaian program strategis Pemerintah. Terutama di wilayah lokasi prioritas pembangunan yang saat ini memang dikategorikan untuk wilayah-wilayah yang tidak atau belum dibangun oleh pihak swasta.

(rir)

Strategi
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com