0

Survei Indikator: Prabowo Unggul di Gen Z, Milenial dan Baby Boomer

RajaBackLink.com
survei-indikator:-prabowo-unggul-di-gen-z,-milenial-dan-baby-boomer

tim | CNN Indonesia

Minggu, 23 Jul 2023 17:31 WIB

Bagikan :  

Survei terbaru Indikator Politik Indonesia menunjukkan Prabowo unggul di kalangan pemilih generasi Z, milenial, dan baby boomers. Survei terbaru Indikator Politik Indonesia menunjukkan Prabowo unggul di kalangan pemilih generasi Z, milenial, dan baby boomers. (DPP Partai Gerindra)

Jakarta, CNN Indonesia

Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia menunjukkan bakal calon presiden (capres) Partai Gerindra Prabowo Subianto unggul di kalangan pemilih generasi Z, milenial, dan baby boomers.

Prabowo berhasil unggul dari dua bakal capres lain, yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di tiga kelompok usia tersebut.

“Sebanyak 40,5 persen generasi Z itu memilih Pak Prabowo, termasuk generasi milenial. Tapi selisih generasi milenial dengan yang memilih Ganjar itu tidak signifikan,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi dalam paparannya, Minggu (23/7).

Survei tersebut digelar pada 20-24 Juni 2023 dengan jumlah 1.220 responden sebanyak 1.220 orang yang diwawancarai melalui tatap muka.

Pemilihan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling, dengan tingkat margin of error lebih kurang 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Burhan merinci Prabowo unggul di Gen Z atau kelompok 26 tahun ke bawah, dengan perolehan 40,5 persen, lalu disusul Ganjar sebesar 35,5, dan Anies sebanyak 22 persen.

Pada kalangan milenial yang rentang usianya 27-42 tahun, Prabowo meraup sekitar 37,1 persen. Ganjar di posisi kedua dengan 34,8 persen, dan Anies 21,9 persen.

Selanjutnya, pada kelompok baby boomers atau mereka yang berusia 59-79 tahun, Prabowo unggul cukup jauh dengan perolehan 41,3 persen, Ganjar menyusul dengan 31,3 persen, kemudian Anies di posisi terakhir sebesar 14,2 persen.

Di luar tiga kelompok itu, Ganjar unggul di kalangan pemilih generasi X yang berusia 43-58 tahun, dengan perolehan 39,8 persen, disusul Prabowo 30,2 persen, serta Anies 23,4 persen.

Hasil survei Indikator juga menunjukkan Anies kurang mendominasi di seluruh kelompok usia. Ia hanya kuat di kalangan generasi interwar alias 80 tahun ke atas, dengan raupan suara mencapai 52,9 persen.

“Agak kuat di generasi tua. Tapi sayangnya generasi di atas 80 tahun kan dari sampelnya cuma 0,4 persen. Secara elektoral generasi tua ini sedikit,” ucapnya.

Sebelumnya, hasil survei Litbang Kompas Mei 2023 mencatat elektabilitas Prabowo unggul di kalangan gen Z dengan perolehan 32,7 persen.

Prabowo berhasil unggul dari dua bakal capres lainnya, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Ganjar berhasil merengkuh 24,5 persen suara, sementara Anies hanya mengantongi 10 persen suara.

(nfl/pta)

Bagikan :  

Survei
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com