...
0

Takut Polusi, Warga Tetap Setia Pakai Masker Meski Aturan Dicabut

RajaBackLink.com
takut-polusi,-warga-tetap-setia-pakai-masker-meski-aturan-dicabut

CNN Indonesia

Kamis, 15 Jun 2023 20:00 WIB

Bagikan :  

Dicabutnya aturan tak membuat warga mau melepas masker. Polusi udara di Jakarta jadi salah satu alasan utamanya. Ilustrasi. Dicabutnya aturan tak membuat warga mau melepas masker. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim)

Jakarta, CNN Indonesia

Pemerintah memperbolehkan warga untuk melepas masker meski tengah berada di tengah perjalanan, termasuk juga perjalanan jauh. Meski demikian, dicabutnya aturan ini tak membuat masyarakat serta-merta melepas masker.

Sebut saja Ronggo Astungkoro (29), pria yang sehari-harinya menggunakan KRL rute Parung Panjang atau Rangkasbitung ini memilih tetap menggunakan masker meski aturan telah dicabut.

“Masih pakai [makser]. Mau tetap pakai masker kalau naik kereta,” kata Ronggo, kepada CNNIndonesia.com, Selasa (13/6).

Keputusan tersebut bukan tanpa alasan. Selain sudah menjadi kebiasaan dan merasa nyaman, Ronggo mengaku tetap menggunakan masker juga melindungi dirinya dari berbagai penyakit.

Selain itu, polusi udara yang terbilang parah di Jakarta juga menjadi salah satu alasan kuat Ronggo memilih tetap pakai masker.

“Polusi, kan, lagi parah banget. Jadi, ya, maskeran juga penting. Bukan cuma untuk mencegah tertular Covid-19, tapi juga mencegah terpapar penyakit lain. Melindungi diri lah istilahnya,” kata Ronggo.

Hal sama juga diungkapkan Lestari (24). Wanita yang tinggal di Depok dan bekerja di kawasan SCDB, Jakarta Selatan itu setiap hari harus menaiki KRL rute Bogor untuk menuju tempat kerjanya.

Dia sendiri memilih tetap menggunakan masker selama perjalanan dari Depok ke Jakarta. Lagi pula, kebiasaan pakai masker ini sebetulnya telah dilakukan sejak lama, jauh sebelum pandemi Covid-19 mewabah.

“Aku, sih, tetap pakai [masker], yah. Dari dulu banget aku udah pakai, sih,” ujar Lestari.

Udara Jakarta yang tak sehat dengan debu-debu polusinya jadi alasan Lestari mengenakan masker sejak lama.

Bagi Lestari, masker hanya boleh dilepas saat berada di ruangan dan tidak sedang dalam perjalanan. Saat harus menaiki ojek online atau membawa motor sendiri pun, Lestari tak pernah melepas maskernya.

“Enggak, aku jarang banget [lepas masker]. Malah enggak pernah kayaknya lepas masker kalau lagi jalan. Enggak berani,” kata dia.

Simak respons warga soal aturan boleh lepas masker di halaman berikutnya..

Pakai masker sesuai kebutuhan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

HALAMAN :

Bagikan :  

Takut
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com