...
0

Tanda Psikologis Anak Siap Sekolah yang Perlu Orang Tua Ketahui

RajaBackLink.com
tanda-psikologis-anak-siap-sekolah-yang-perlu-orang-tua-ketahui

CNN Indonesia

Kamis, 15 Jun 2023 12:00 WIB

Bagikan :  

Sebagian besar orang tua menjadikan usia sebagai patokan kesiapan anak sekolah. Padahal, ada sejumlah aspek lain yang memengaruhi kesiapan anak sekolah. Ilustrasi. Selain usia, ada sejumlah aspek kesiapan anak untuk bersekolah yang perlu orang tua ketahui. (Istockphoto/ Shironosov)

Jakarta, CNN Indonesia

Sebagian besar orang tua menjadikan usia sebagai patokan untuk mengukur apakah anak sudah siap untuk sekolah. Padahal, ada sejumlah aspek lain yang juga memengaruhi kesiapan anak untuk bersekolah.

Menurut pakar pendidikan, anak bisa dianggap siap masuk sekolah ketika ia secara emosional, perilaku, serta kemampuan kognitif dianggap matang untuk menerima pelajaran dan melakukan kegiatan belajar.

“Aspek-aspek yang perlu dipersiapkan dan dipertimbangkan orang tua saat mendaftarkan anak ke sekolah itu berbeda di setiap jenjangnya,” kata praktisi psikologi anak usia dini Aninda saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (13/6).

Berikut ini sejumlah tanda psikologis anak siap sekolah yang perlu orang tua ketahui. 

Hal yang perlu diperhatikan untuk jenjang TK

Menurut Aninda, karena jenjang ini merupakan jenjang pertama anak bersekolah, aspeknya lebih detail dan mengikuti perkembangan anak.

1. Berbahasa yang baik

Aspek pertama yang perlu diperhatikan orang tua adalah anak memiliki kemampuan berbahasa yang baik.

“Artinya anak mampu menyampaikan apa yang dia pikirkan atau rasakan dan anak juga mampu memahami apa yang orang lain sampaikan padanya,” ucap Aninda.

2. Mandiri

Anak juga perlu memiliki dasar kemandirian. Menurut Aninda, hal ini berarti berani, percaya diri, bisa sekolah sendiri tanpa harus ditemani orang tua, dan lain sebagainya.

3. Mengontrol diri dengan baik

Sebelum memulai sekolah, anak juga perlu memiliki kemampuan untuk mengontrol diri dengan baik.

“Artinya menunjukkan kemampuan untuk mengontrol emosi tanpa tantrum dan kekerasan pada lingkungannya di kehidupan sehari-hari,” katanya lebih lanjut.

4. Kemampuan sosialisasi

Sejumlah anak usia dini menyimak guru dan bermain di PAUD Anggrek, Jakarta, Jumat, 13 Desember 2019. CNNIndonesia/Adhi Wicaksono.Ilustrasi. Kemampuan sosialisasi yang baik juga jadi tanda psikologis anak siap sekolah. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Anak juga perlu memiliki kemampuan bersosialisasi dengan baik sebelum mulai bersekolah. Menurut Aninda, hal ini berarti anak mau menjalin pertemanan, mulai mau berbagi, mulai menunjukkan perhatian pada lingkungannya, dan lain sebagainya.

5. Punya bekal pengalaman

Aspek lain yang harus dimiliki anak adalah berbagai pengalaman sebelum mereka disekolahkan. Artinya ada bekal-bekal pengalaman yang diberikan orang tua sebelum anak bersekolah.

“Seperti sudah terbiasa membereskan mainan sendiri saat bermain di rumah, jadi ketika nanti bersekolah tidak kaget lagi saat waktunya tidy up,” kata dia.

6. Siap menerima pelajaran

Ilustrasi Anak BelajarIlustrasi. Mampu fokus mengerjakan tugas sederhana juga jadi tanda psikologis anak siap bersekolah. (White77/Pixabay)

Anak juga perlu memiliki kesiapan untuk menerima pelajaran. Menurut Aninda, hal ini berarti anak mampu fokus untuk mengerjakan tugas sederhana, ada rasa ingin tahu, mampu mengerjakan perintah sederhana dengan benar, dan lain sebagainya.

Simak tanda psikologis anak siap sekolah lainnya di halaman selanjutnya…

Hal yang perlu diperhatikan untuk jenjang SD

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

HALAMAN :

Bagikan :  

Tanda
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com