0

Update Hari ke-37 Perang Israel-Palestina: Pangeran MbS Semprot DK PBB

RajaBackLink.com
update-hari-ke-37-perang-israel-palestina:-pangeran-mbs-semprot-dk-pbb

Jakarta, CNN Indonesia

Perang antara Israel dengan Palestina yang terjadi di Jalur Gaza memasuki hari ke-37 sejak sejak 7 Oktober.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom, memperingatkan situasi yang “mengerikan dan berbahaya di Gaza”. Semakin banyak jumlah bayi dan korban yang tewas secara tragis, terutama akibat kurangnya pasokan obat-obatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dua rumah sakit di Gaza, yaitu Al-Shifa dan Al-Quds, bahkan sudah ditutup saat ini akibat serbuan dari Israel.

Berikut Kilas Berita hari ini, Senin (13/11).

Pangeran MbS Semprot DK PBB Tak Becus Tangani Konflik di Gaza

Mohammed bin Salman (MbS), putra mahkota dan Perdana Menteri Arab Saudi, menyemprot Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang dianggap tidak becus menangani konflik di Gaza.

MbS menilai satu-satunya kunci perdamaian adalah berhentinya pendudukan Israel dan pemenuhan hak-hak warga Palestina. Diharapkan terjadinya agresi militer segera seiring dengan perang brutal yang merenggut ribuan nyawa.

Pernyataan ini disampaikan MbS pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Liga Arab dan Organisasi Kerja sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi, pada Sabtu (11/11).

Hasil KTT Negara Arab-Muslim soal Israel : Embargo Senjata-Seret ke ICC

Organisasi Kerja sama Islam (OKI) dan Ligas Negara Arab mengadakan konferensi tingkat tinggi (KTT) luar biasa di Riyadh, Arab Saudi, pada Sabtu (11/11) untuk menghasilkan resolusi.

Resolusi yang dirancang membahas terkait perang yang terjadi antara Israel dan Palestina di Gaza.

Resolusi tersebut memuat beberapa poin penting, yaitu mengecam agresi Israel, menolak pembelaan diri Israel, menuntut DK PBB mengeluarkan resolusi menghentikan agresi, menyetop sokongan senjata ke Israel, menuntut DK PBB keluarkan resolusi pasca Israel bom rumah sakit, berhenti mengepung Gaza, mendukung bantuan kemanusiaan dari Arab dan Mesir, meminta ICC seret Israel, mendukung Palestina menyeret Israel ke Mahkamah Konstitusi, membentuk unit pemantauan oleh media, menyerukan tekanan diplomatik, dan berbagai poin lainnya yang mendukung hak warga Palestina.

WHO Sebut RS Al Shifa Dikepung Tank

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa Rumah Sakit Al Shifa dikepung oleh tank-tank beberapa hari terakhir.

Tidak hanya dikepung, orang-orang yang kabur dari rumah sakit juga ditembaki, terluka, dan terbunuh. Kawasan rumah sakit ini menjadi salah satu target Israel. Para saksi mata melihat beberapa drone mondar-mandir di sekitar lingkungan rumah sakit.

Rumah sakit Al-Shifa menampung ribuan orang tenaga medis, pasien, dan warga yang mengungsi. Direktur RS Al-Shifa, Abu Salmiya, mengatakan bahwa kondisi rumah sakit semakin kritis setiap harinya dan terisolasi karena menjadi target gempuran.

Netanyahu Sebut Bantuan Bahan Bakar ke RS Gaza Ditolak, Hamas Bantah

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengatakan telah menawarkan bantuan bahan bakar ke Rumah Sakit Al Shifa di Gaza, tetapi ditolak oleh faksi Hamas.

“Kami malah menawarkan, tadi malam, untuk memberi mereka bahan bakar yang cukup untuk mengoperasikan rumah sakit, mengoperasikan inkubator, dan sebagainya, karena kami (tidak) berperang sama sekali dengan pasien atau warga sipil,” kata Netanyahu.

Faksi Hamas di Gaza membantah tudingan atas penolakan bantuan 300 liter bahan bakar oleh Israel. Hamas mengatakan bahwa tawaran bantuan tersebut hanya untuk meremehkan penderitaan pasien. Jumlah bantuan yang ditawarkan Netanyahu hanya mampu menyalakan generator tidak lebih dari 30 menit.

(cpa/bac)

Update
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com