...
0

Vinicius Dijadikan Nama Hukum Anti-Rasisme di Brasil

RajaBackLink.com
vinicius-dijadikan-nama-hukum-anti-rasisme-di-brasil

Rio de Janeiro

Vinicius Junior dijadikan sebagai nama untuk hukum anti-rasisme yang berlaku di Rio de Janeiro, Brasil. Segala acara olahraga di sana akan ditangguhkan atau dihentikan jika muncul suara-suara rasis dalam keberjalanannya.

Diberitakan Reuters dan ESPN, “hukum Vini Jr” terinspirasi dari sikap Vinicius dalam menanggapi ucapan rasisme yang ditujukan kepadanya di laga Valencia vs Real Madrid, 21 Mei lalu yang membuat laga sempat dihentikan selama beberapa menit.

Hukum tersebut disetujui pemerintah Rio pada Juni lalu, dan di dalamnya terdapat tata cara memproses keluhan mengenai rasisme dan juga kampanye pendidikan wajib menyangkut hal tersebut. Vinicius menyambut baik langkah ini.

“Hari ini adalah hari istimewa dan saya harap keluarga saya bangga akan hal ini. Saya masih sangat muda tak menyangka saya akan mendapat penghormatan ini,” ujar Vinicius dalam seremoni yang berlangsung di Stadion Maracana, Rabu (5/7/2023).

Ia memang lahir dan besar di Rio serta memulai debut profesional bersama Flamengo pada 2017. Sekretaris Olahraga Rio de Janeiro, Rafael Picciani mengatakan bahwa pemerintah lokal pun bangga menyerahkan penghargaan pada pemain 22 tahun itu.

“Di samping segala pencapaian dalam karier sepak bolanya, Vinicius juga menjadi simbol perjuangan melawan rasisme,” ujar Picciani.

Vinicius memang sering menjadi sasaran rasisme suporter di Spanyol pada musim lalu. Apa yang terjadi saat melawan Valencia ada peristiwa ke-10 yang ia alami dan telah dilaporkan LaLiga ke pihak berwenang.

Valencia mendapat hukuman penutupan sebagian tribune stadion sebanyak lima laga serta denda 45 ribu Euro. Namun mereka mengajukan banding dan akhirnya mendapat pengurangan menjadi tiga laga saja. Denda pun turun menjadi hanya 27 ribu Euro.

(adp/krs)

Vinicius
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com