...
0

WhatsApp Resmi Rilis Fitur Channels, Grup Komunikasi Nyaris Satu Arah

RajaBackLink.com
whatsapp-resmi-rilis-fitur-channels,-grup-komunikasi-nyaris-satu-arah

Jakarta, CNN Indonesia

Platform pesan singkat WhatsApp resmi merilis fitur Channels atau Saluran yang memungkinkan pengguna mengikut akun tertentu sesuai minat.

“Pada malam ini pukul 08.00 WIB akan diluncurkan fitur Saluran ini secara serentak,” tutur Public Policy Manager WhatsApp Esther Samboh dalam konferensi pers daring, Rabu (13/9).

Whatsapp mengungkapkan fitur Saluran atau Channels ini merupakan sarana komunikasi satu arah dari individu atau kelompok.

Esther menyebut fitur ini punya keunggulan bisa membagi informasi yang “tepat waktu, aman, dan terukur.”

Lewat fitur ini, katanya, pengguna punya kebebasan untuk memilih individu atau organisasi mana yang akan mereka ikuti.

“Tidak ada personalisasi yang dilakukan oleh Whatsapp. Anda dapat memilih Saluran mana yang paling populer, paling aktif, paling baru, dan lain sebagainya sesuai dengan preferensi Anda masing-masing.”

Setelah memilih akun dan berlangganan, pengguna akan menerima notifikasi dari saluran yang mereka ikuti saja. Pemilik Saluran dapat mengirimkan pesan, foto, video, dokumen, dan lain sebagainya.

Pengikut hanya dapat menikmati dan memberikan reaksi (reaction) mengenai segala sesuatu yang dikirimkan oleh pemilik saluran tanpa memberikan komentar.

Isu privasi

Soal privasi, WhatsApp menyebut Saluran atau Channels yang diikuti oleh pengguna tidak dapat diketahui oleh siapapun, termasuk kontak mereka.

Nomor telepon admin dan pengikut Saluran pun disembunyikan secara default. Informasi akun pribadi admin tidak ditampilkan kepada pengikut saluran untuk mencegah penggunaan kontak yang tidak dinginkan.

Segala informasi yang disampaikan oleh pemilik saluran bersifat kronologis dan hanya bertahan selama 30 hari. Hal ini dilakukan WhatsApp untuk mengatasi masalah penyimpanan yang menjadi kendala banyak pengguna.

Dalam pemaparannya, Esther juga mengatakan fitur Saluran ini akan terpisah dari kolom pesan pribadi. Fitur Saluran akan menjadi satu dengan kolom Status.

Siapa saja sih yang dapat membuat Saluran? Esther mengatakan hanya organisasi mitra-mitra Meta dan perseorangan yang sudah dinyatakan “verified” oleh Whatsapp yang bisa membuat Saluran.

Namun, dia menambahkan ada kemungkinan dalam beberapa bulan ke depan pihaknya akan melakukan pengkajian soal perluasan pihak yang bisa membuat Channels.

Anda dapat merasakan fitur Saluran ini dengan memperbarui aplikasi Whatsapp Anda. Fitur akan dapat Anda nikmati pada Android, IOS, dan Whatsapp Web.

[Gambas:Video CNN]

(rfi/arh)

Whatsapp
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com