...
0

Cara Install WP Toolkit di VPS cPanel

RajaBackLink.com
cara-install-wp-toolkit-di-vps-cpanel

Mengelola situs WordPress di VPS (Virtual Private Server) dengan cPanel bisa menjadi tugas yang lebih mudah dan efisien dengan bantuan WP Toolkit. Dalam artikel ini, kami akan berbagi cara install WP Toolkit di layanan VPS, untuk memudahkan Anda dalam mengelola situs WordPress di cPanel.

Apa itu WP Toolkit?

WordPress Toolkit atau yang disingkat menjadi WP Toolkit adalah sebuah tools interface yang berfungsi untuk mengelola website berbasis WordPress. Dengan WordPress toolkit Anda dapat melakukan instalasi, konfigurasi, install theme dan plugin hingga melakukan backup dengan mudah.

Tidak hanya satu website, fitur ini memungkinkan Anda untuk mengelola beberapa website sekaligus, menjadikannya lebih praktis dan menghemat waktu untuk mengelola CMS WordPress.

Selengkapnya tentang WP Toolkit bisa Anda baca pada artikel berikut: WP Toolkit

Kelebihan WP Toolkit di cPanel

Berikut adalah beberapa kelebihan dari WP Toolkit, seperti:

1. Mudah untuk menginstal WordPress

WP Toolkit memungkinkan Anda menginstal WordPress hanya dengan satu klik. Ini sangat membantu bagi Anda yang tidak ingin repot dengan proses instalasi yang rumit.

Promo Hosting Murah Rumahweb

2. Mudah mengelola beberapa situs

Jika Anda memiliki lebih dari satu situs WordPress, Anda bisa mengelolanya semua dari satu tempat. Anda bisa memperbarui plugin, tema, dan sistem WordPress dengan mudah melalui antarmuka yang sederhana.

3. Keamanan otomatis

WP Toolkit memiliki fitur keamanan otomatis yang bisa memindai situs Anda untuk mencari masalah keamanan dan memperbaikinya. Ini membuat situs Anda lebih aman dari serangan atau kerentanan.

4. Fitur staging dan cloning

WP Toolkit memungkinkan Anda membuat versi uji coba dari situs Anda (staging), sehingga Anda bisa mencoba perubahan tanpa merusak situs utama. Selain itu, Anda juga bisa menggandakan situs Anda dengan mudah untuk keperluan backup atau pengembangan.

5. Pengelolaan yang terpusat

Semua yang Anda butuhkan untuk mengelola situs, seperti backup, pembaruan, dan pengaturan keamanan, bisa dilakukan dari satu tempat. Ini membuat proses pengelolaan situs menjadi lebih sederhana dan efisien.

6. Alat untuk memperbaiki masalah

WP Toolkit menyediakan alat debugging yang membantu Anda menemukan dan memperbaiki masalah di situs WordPress. Ini sangat berguna untuk pengembang atau siapa saja yang ingin memastikan situs mereka berjalan dengan baik.

Sebelum memulai instalasi, pastikan Anda telah memiliki akses ke VPS dengan cPanel yang sudah terinstall. Anda juga memerlukan akses ke WHM (Web Host Manager) sebagai pengguna root untuk dapat menginstal WP Toolkit.

Step 1. Install WP toolkit di WHM

  1. Buka browser Anda dan masuk ke WHM dengan menggunakan URL: https://IP-VPS-Anda:2087
  2. Masukkan username dan password root untuk login ke WHM.
  3. Setelah masuk ke WHM, cari dan klik pada menu “Feature Manager” di bagian kiri.
klik menu feature manager
  1. Buat fitur baru atau edit fitur yang sudah ada. Pastikan untuk memberi nama yang jelas dan deskriptif. Contohnya buat fitur dengan nama ‘WP Toolkit’.
  2. Dalam “Feature Manager”, cari dan centang kotak “WP Toolkit” untuk mengaktifkannya pada fitur yang Anda pilih. Lalu klik Save.
halaman feature manager

Step 2. Cek Status Instalasi

  1. Setelah mengaktifkan fitur WP Toolkit, kembali ke dashboard WHM. Cari menu “cPanel” dan pilih “Install cPAddons Site Software”.
install cpaddon
  1. Pada halaman cPAddons, centang opsi “WP Toolkit”. Klik tombol “Update cPAddon Config”.
  2. Masuk ke cPanel dari akun pengguna yang Anda inginkan.
  3. Cari dan klik ikon “WP Toolkit” di dashboard cPanel. Jika instalasi berhasil, Anda akan melihat antarmuka WP Toolkit.
install wp toolkit di cpanel selesai
  1. Setelah WP Toolkit terpasang, Anda dapat mulai menambahkan dan mengelola situs WordPress Anda.
tampilan wp toolkit di cpanel

Sampai tahap ini, proses install WP toolkit di VPS cPanel telah selesai.

Demikian panduan kami tentang cara install WP Toolkit di VPS cPanel, semoga dapat membantu.

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Tags: Cpanel, wordpress, wordpress toolkit, WP Toolkit
cPanelWordpresswordpress toolkitWP Toolkit
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com