0

Cara Menghapus User WordPress Secara Masal

cara-menghapus-user-wordpress-secara-masal

Banner - Cara Menghapus User WordPress Secara Masal

Setelah sebelumnya kami berbagi cara membuat user di WordPress, pada panduan ini kami akan berbagi cara menghapus user WordPress secara masal melalui halaman dashboard. Simak informasi berikut ini.

Mengenal user role pada WordPress

WordPress adalah salah satu CMS yang paling banyak digunakan saat ini. Selain dikenal karena kemudahan penggunaannya, WordPress juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang menarik, salah satunya adalah management user.

Pada WordPress, Anda dapat membuat user baru secara mudah, dengan role atau privilege yang bisa ditentukan. Dengan menetapkan user role, Anda dapat mengontrol dan menjaga keamanan situs Anda.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dalam penerapan user role pada WordPress: 

  • Keamanan: Dengan membatasi izin pengguna, Anda dapat mencegah pihak yang tidak berkepentingan untuk melakukan perubahan pada situs web Anda yang dapat merusak atau membahayakan keamanannya.
  • Manajemen Konten: Peran pengguna membantu Anda mendelegasikan tugas dan memastikan bahwa setiap orang di tim Anda memiliki akses yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka tanpa dapat melakukan hal-hal yang tidak seharusnya mereka lakukan.
  • Efisiensi: Menetapkan peran yang tepat kepada setiap pengguna akan menyederhanakan alur kerja Anda dan memudahkan semua orang mengelola situs web.

Ada beberapa situasi, di mana Anda mungkin perlu menghapus beberapa user sekaligus dari website Anda. Berikut beberapa alasan umum mengapa penghapusan user diperlukan, berdasarkan data yang kami kumpulkan.

  • Menyingkirkan akun spam: Jika situs WordPress Anda dipenuhi banyak akun palsu karena spam , Anda mungkin perlu menghapusnya secara massal untuk membersihkan situs Anda.
  • Menghapus mantan karyawan atau kontraktor: Jika seseorang memiliki akses khusus ke situs Anda untuk suatu pekerjaan tetapi tidak membutuhkannya lagi, Anda mungkin perlu menghapus akunnya.
  • Membersihkan akun lama: Seiring berjalannya waktu, situs Anda mungkin mengumpulkan banyak akun lama yang tidak lagi digunakan. Menghapusnya secara massal dapat membantu merapikan situs Anda dan menghemat ruang.

Selanjutnya, kami akan menjelaskan cara menghapus user di WordPress melalui halaman dashboard.

Cara menghapus user WordPress

Menghapus user di WordPress dapat dilakukan dengan mudah melalui menu “Users” pada dashboard WordPress. Namun, jika jumlah user yang akan dihapus sangat banyak dan dengan berbagai hak akses sekaligus, Anda dapat menggunakan bantuan plugin, salah satunya plugin Bulk Delete.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menghapus user WordPress baik dari menu users maupun menggunakan plugin.

Opsi 1. Hapus user WordPress melalui Dashboard

  1. Langkah pertama, silahkan login ke dashboard WordPress Anda.
  2. selanjutnya, klik menu users.
Menu users di dashboard wordpress
  1. Pada halaman users, akan tertera jumlah user yang sudah di buat beserta dengan hak aksesnya.
Tampilan menu users di dashboard wordpress
  1. selanjutnya, apabila ingin menghapus user berdasarkan hak akses tertentu, silahkan klik pada salah satu hak akses, centang pada user yang ingin di hapus atau jika ingin di hapus semua silahkan centang pada kolom di samping username.
Menghapus users wordpres secara masal
  1. Pilih action delete > apply , untuk menghapus user.
tombol hapus users di dashboard wordpress
  1. Klik confirm deletion, untuk melanjutkan penghapusan.
Komfirmasi penghapusan users di dashboard wordpress

Opsi 2. Hapus user WordPress Dengan Plugin Bulk Delete

Plugin bulk delete merupakan salah satu plugin yang dapat digunakan untuk menghapus postingan, halaman, user, dan lain-lain secara massal dengan kriteria tertentu yang tidak terdapat di halaman dashboard wordPress.

Berikut ini langkah-langkah menghapus user secara massal menggunakan plugin bulk delete :

  1. Lakukan instalasi plugin bulk delete terlebih dahulu.
  2. Setelah melakukan instalasi, klik plugin bulk WP > lalu pilih bulk delete users
Plugin bulk delete
  1. Selanjutnya pada kolom select user role, Anda dapat menentukan hak akses user yang akan di hapus serta menentukan kriteria penghapusan dengan menggunakan opsi filtering yang tersedia.
Menghapus User WordPress melalui plugin
  1. Setelah menentukan kriteria/filtering penghapusan, klik “bulk delete” untuk melanjutkan penghapusan.

Demikian panduan cara menghapus user wordpress secara masal baik malalui menu users di dashboard wordpress atau menggunakan bantuan plugin bulk delete. Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat.

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Rizki Nur Safitri

Tags: Tutorial WordPress, wordpress, WordPress User
tutorial wordpressWordpressWordPress User
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com