0

Mengetahui Nama dan Password Database WordPress

RajaBackLink.com
mengetahui-nama-dan-password-database-wordpress

mengetahui nama dan password database wordpress

Ketika mengelola website berbasis WordPress, memahami struktur dan komponen script di balik CMS ini adalah suatu keharusan. Salah satu aspek krusial yang sering kali terlupakan, namun memiliki peran vital adalah mengetahui nama dan password database WordPress.

Dengan mengetahui lokasi configurasi database, Anda dapat melakukan beberapa perbaikan atau peningkatan keamanan pada WordPress Anda.

Kapan membutuhkan akses ke Database WordPress?

Berikut adalah beberapa kondisi yang umumnya membutuhkan informasi tentang nama dan password database WordPress, antara lain:

1. Lupa username dan password login WordPress

Ketika Anda lupa user dan password login ke dashboard, maka Anda dapat melakukan reset password melalui phpMyAdmin. Untuk melakukan reset password ini, Anda perlu mengetahui database mana yang digunakan, agar tidak salah dalam melakukan proses reset.

2. Migrasi Website

Salah satu tahapan dalam proses migrasi website adalah melakukan setting ulang koneksi databasenya. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui nama dan password database untuk mengekspor data dari server lama dan mengimpornya ke server baru.

Tanpa mengetahui database mana yang digunakan, maka proses migrasi tidak akan berjalan lancar, dan risiko kehilangan data menjadi lebih besar.

Promo Hosting Murah Rumahweb

3. Memperbaiki error database pada WordPress

Ketika konfigurasi database pada WordPress keliru, maka WordPress akan menampilkan warning “Error establishing a database connection” saat domain diakses.

Untuk memperbaiki masalah ini, Anda perlu memastikan bahwa konfigurasi yang ada di file wp-config.php sesuai dengan pengaturan database di server yang Anda gunakan.

4. Penanganan malware atau peretasan

Jika website Anda terserang malware atau mungkin di retas, maka Anda perlu melakukan fresh upgrade untuk memastikan website Anda bebas malware.

Fresh upgrade adalah istilah untuk melakukan install ulang file core WordPress beserta plugin dan theme yang digunakan, tanpa menghapus content yang telah dibuat sebelumnya.

Salah satu tahapan ketika Anda melakukan fresh upgrade adalah mereset password database yang digunakan sebelumnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui nama dan password database WordPress yang digunakan.

Berikut adalah langkah demi langkah untuk mengetahui nama dan password Database WordPress di cPanel hosting.

  1. Login ke cPanel hosting Anda.
  2. Klik menu File Manager seperti gambar berikut:
file manager
  1. Klik folder /public_html, lalu klik kanan pada file wp-config.php dan pilih edit.
    Bagi Anda yang ingin melakukan pengecekan untuk subdomain atau addon domain, Anda bisa mengakses directory root masing-masing.
edit wp-config
  1. Setelah itu, carilah baris “DB_NAME”, di sebelah kanan dari teks DB_NAME, merupakan nama database. Sedangkan di sebelah kanan “DB_USER”, merupakan nama database user. Untuk password database, ada di sebelah kanan dari “DB_PASSWORD”. Tanda petik, tidak termasuk dalam nama database, user database maupun password.
Mengetahui Nama dan Password Database WordPress

Setelah selesai, klik tombol “Close” yang ada di sisi kanan atas dari halaman “Code Editor”.

Bagi Anda yang ingin melakukan reset password WordPress melalui database, ikuti panduan berikut untuk informasi lebih lengkap: Lupa password WordPress

Demikian panduan kami untuk mengetahui nama dan password database WordPress di cPanel. Semoga bermanfaat.

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Lutfi Hanif

I am an SEO enthusiast, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for both Journal and Rumahweb Blog.

Tags: database, Tutorial WordPress, wordpress
databasetutorial wordpressWordpress
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com