Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog / Website

cara-mengecek-kecepatan-loading-blog-/-website

Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog / Website | Mrjulianto

Kecepatan loading blog/situs yang lambat dapat mempengaruhi kenyamanan pengunjung saat membuka halaman pada suatu blog/situs.

Website dengan loading yang lama bisa membuat pengunjung jengkel dan kemungkinan terburuk yaitu membuat pengunjung membatalkan kunjungannya. Sebaliknya, akses blog/situs yang cepat akan membuat pengunjung nyaman dan dapat langsung mencari informasi yang dibutuhkan.

Secara awam kecepatan loading blog/situs dapat dilihat dari icon loading yang masih berputar saat situs diakses, dan tampilan situs yang belum muncul semua berarti tandanya situs masih dalam proses loading.

Namun untuk mengetahui seberapa cepat blog/situs kamu diakses dengan hitungan angka, kita dapat mengecek atau mengetahui dengan menggunaakn berbagai tools, salah satunya yaitu menggunakan web online tools, berikut ini caranya:

Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog / Website

1.Buka situs tools.pingdom.com, Kemudian kamu tinggal memasukan URL blog/situs kamu, selanjutnya menentukan lokasi pengecekan, lalu klik Start Test. Setelah itu kamu akan mendapatkan hasil pengecekan.

Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog / Website

2. Setelah klik Start Test tunggu beberapa detik.

3. Setelah itu akan muncul hasilnya seperti di bawah ini. Untuk nilai diatas 75 sudah baik, tapi usahakan kecepatan blog/situs kamu mencapai angka 80 agar situs kamu benar-benar cepat untuk diakses oleh pengguna.

Jika kecepatan situs tidak mencapai angka itu, kamu harus memperbaikinya dan lakukan langkah untuk mempercepat loading website sesuai yang disarankan pada Performance insights. 

Penyebab loading lambat diantaranya yaitu:

  • Terlalu banyak widget di tampilan blog
  • Template yang tidak responsif
  • Kapasitas blog yang terlalu besar (video,gambar)
  • HTML yang terlalu banyak dan panjang
  • Kuota abis hhe

Demikian adalah cara praktis mengecek kecepatan loading blog atau website. . Dan dapatkan update artikel hanya disini.

Artikel Lainnya

Check Featured Posts
Menu