0

10 Rekomendasi Film Pendek Indonesia di YouTube

10-rekomendasi-film-pendek-indonesia-di-youtube

Jakarta, CNN Indonesia

Menyaksikan film di layanan streaming tentu sudah biasa. Kalau kamu mau sesuatu yang berbeda, coba saja menonton film pendek Indonesia di YouTube.

Ada cukup banyak rekomendasi film pendek Indonesia di YouTube yang dapat menjadi pilihan. Genrenya juga beragam sehingga dapat kamu pilih sesuai keinginan.

Selain itu, menyaksikan film-film pendek di YouTube ini terbilang praktis dan tentunya gratis. Kamu hanya perlu menyiapkan koneksi internet dan dapat mengaksesnya melalui smartphone.

Selain itu, deretan film pendek ini hanya berdurasi sekitar 10-30 menit sehingga kamu dapat menyelesaikannya dengan cepat.

Meski demikian, alur ceritanya yang menarik membuat film-film berhasil menghibur dan memberi kesan bagi penontonya. Berikut rekomendasinya!

1. Anak Lanang (2017)

Anak Lanang (2017) Rekomendasi film pendek Indonesia di YouTube gratis, salah satunya Anak Lanang (Ravacana Films)

Anak Lanang merupakan film karya sutradara Wahyu Agung Prasetyo yang dirilis pada 2017. Kemudian film ini dirilis di YouTube Ravacana Films pada 2019.

Film ini menceritakan tentang percakapan empat anak SD dan tukang becak sepulang sekolah. Menariknya, film berbahasa Jawa ini dibuat dalam satu kali shot kamera atau one take.

Film pendek berdurasi 14 menit ini berhasil membawa pulang Outstanding Achievement di Indonesian Film Festival (IFF) Australia ke-14.

2. Grave Torture (2012)

Rekomendasi film pendek YouTube berikutnya adalah karya sutradara Joko Anwar, berjudul Grave Torture. Film pendek yang dirilis pada 2012 ini telah tersedia di YouTube Joko Anwar pada 2020.

Film horor ini menceritakan tentang seorang anak lelaki yang masuk dan tertidur di peti jenazah ayahnya. Dalam peti tersebut, si anak melihat peristiwa after life melalui cahaya dari korek api.

3. Jurig (2017)

Jurig adalah film pendek karya Aria Gardhadipura yang juga dikenal sebagai moview reviewer. Film yang berdurasi 21 menit ini dapat kamu saksikan di kanal YouTube 345! Films.

Film horor ini mengisahkan tentang seseorang yang tidak sengaja telah mengucapkan mantra pemanggil makhluk halus. Hal itu membuatnya terus-menerus bertemu dengan sosok jurig atau setan.

4. Lemantun (2014)

Lemantun, film pendek pemenang kompetisi XXI Short Film Festival 2015 di Jakarta (22/3) Rekomendasi film pendek Indonesia di YouTube, salah satunya (Dok. XXI Short Film Festival)

Lemantun merupakan film pendek karya sutradara Wregas Bhanuteja yang mengisahkan tentang seorang ibu yang hendak membagikan warisan berupa lemari kepada lima anaknya.

Film drama bertema keluarga ini dapat membuat penonton tersenyum dan menangis di waktu yang bersamaan karena kisahnya yang menyentuh.

Film yang dirilis pada 2014 ini dapat disaksikan di kanal YouTube Wregas Bhanuteja sejak 2014.

5. Menanti Keajaiban (2020)

Berikutnya adalah Menanti Keajaiban yang merupakan film pendek garapan sutradara Angga Dwi Sasongko. Film berdurasi 20 menit ini direkam sepenuhnya dengan ponsel.

Menanti Keajaiban mengisahkan tentang dua orang karakter yang tidak sengaja bertemu. Pertemuan mereka ternyata berkat cerita yang ditulis oleh dua sahabat di semesta lain.

Film ini dapat kamu saksikan di kanal YouTube Visinema Pictures.

6. Natalan (2015)

Natalan adalah film pendek berdurasi sekitar 28 menit yang menyajikan kisah pilu yang terjadi di hari Natal. Film ini menceritakan tentang seorang ibu yang menunggu anaknya pulang untuk merayakan Natal bersama.

Kisahnya yang menyentuh membuat film yang disutradarai Sidharta Tata ini berhasil masuk nominasi FFI 2015. Film pendek ini dapat kamu saksikan di kanal YouTube Kebon Studio Film atau Tata Sidharta.

7. Resepsi (2021)

Resepsi (2021) Rekomendasi film pendek Indonesia di YouTube, salah satunya Resepsi (Ferry Irwandi)

Rekomendasi film pendek di YouTube yang sayang untuk dilewatkan berikutnya berjudul Resepsi. Film ini disutradarai oleh YouTuber Ferry Irwandi.

Film ini menceritakan tentang percakapan pria dan wanita di sebuah kedai kopi tentang persiapan resepsi pernikahan mereka.

Meski hanya menampilkan perbincangan dua orang ini, tetapi kisahnya menarik dan memberikan sesuatu yang mengejutkan di akhir.

Film ini dapat kamu saksikan di kanal YouTube Ferry Irwandi.

8. Turut Berduka Cita (2020)

Selanjutnya adalah film yang digarap oleh sutradara Winner Wijaya berjudul Turut Berduka Cita. Film ini dapat ditonton di kanal YouTube Winner Wijaya.

Film berdurasi sekitar 10 menit ini mengisahkan tentang seorang anak yang berulang-ulang menceritakan kronologi kematian ayahnya kepada tamu yang melayat.

Kisahnya yang sederhana tetapi mendalam ini membuat Turut Berduka Cita berhasil meraih berbagai penghargaan dan nominasi, salah satunya Best Fiction Film di UCIFEST 9.

9. Under Wraps (2019)

Under Wraps mengisahkan tentang seorang anak perempuan yang hilang saat tengah bermain petak umpet bersama teman-temannya.

Film horor yang berdurasi sekitar 2 menit ini disutradarai oleh Ibnu Hasan. Under Wraps bisa kamu saksikan di kanal YouTube Viddsee.

10. Tilik (2018)

Tilik Rekomendasi film pendek Indonesia di YouTube gratis, salah satunya Tilik (Screenshot via youtube Ravacana Films)

Film pendek berikutnya yang sempat viral beberapa waktu lalu adalah Tilik. Film berdurasi 32 menit ini dapat kamu tonton di kanal YouTube Ravacana Films.

Film besutan sutradara Wahyu Agung Prasetyo ini mengisahkan tentang rombongan ibu-ibu yang menaiki truk untuk pergi menjenguk Ibu Lurah yang sedang dirawat di rumah sakit.

Kisahnya yang sederhana tetapi cukup relateable dengan masyarakat di Indonesia membuat film pendek ini meraih sejumlah penghargaan, di antaranya
Winner Piala Maya 2018 kategori Film Pendek Terpilih.

Demikian sepuluh rekomendasi film pendek Indonesia di YouTube. Selamat menonton!

(juh)

[Gambas:Video CNN]

Rekomendasi
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com