0

Tim Sepak Takraw RI Gagal Pertahankan Emas, Pelatih: Kalah Mental

tim-sepak-takraw-ri-gagal-pertahankan-emas,-pelatih:-kalah-mental

Jakarta

Ramli, pelatih timnas sepak takraw Indonesia di Asian Games 2023, menyebut kegagalan mempertahankan medali emas tak lepas dari kurangnya mental bertanding dan keikutsertaan dalam kompetisi.

Hal itu dikatakan Ramli setelah sepak takraw Indonesia mempersembahkan dua medali perak dari men’s quadrant dan women’s quadrant, plus satu perunggu, di Asian Games 2023, Hangzhou, China.

Padahal mereka dipatok dapat meraih medali emas setelah pada edisi sebelumnya, di Jakarta-Palembang, sepak takraw putra meraih medali emas sepak takraw pada nomor quadrant. Sedangkan untuk tim putri adalah meraih perunggu di nomor beregu saat tampil di Incheon 2014, quadrant (Asian Games 2018), tim regu (Asian Games 2010 dan 2014).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Putra tadi lawan Myanmar di final. Di babak penyisihan kita menang atas Myanmar 2-0, tapi di final mereka lebih beruntung. Anak-anak tampil lebih terbebani dibanding Myanmar yang lebih lepas mainnya di final,” kata Ramli dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/10/2023).

“Di putri, pada saat set ketiga poin kita sama, atlet kita Kusnelia cedera. Padahal dia itu jadi tembok kita di belakang yang melakukan service dan bertahan. Saat dia keluar, kekukatan kita makin berkurang,” Ramli menjelaskan.

Sepak takraw Putri Indonesia di Asian Games 2023Sepak takraw Putri Indonesia di Asian Games 2023 Foto: Dok. KOI/NOC Indonesia

Sedangkan satu medali perunggu sepak takraw, yang diraih tim beregu putri setelah kalah dari Korea Selatan 0-2 di semifinal Asian Games 2023, tak lepas dari faktor ketidakberuntungan.

“Sebenarnya target kita medali emas, namun faktor keberuntungan tidak berpihak ke kita. Pastinya anak-anak sudah berjuang luar biasa. Apalagi tim putri kita berhasil masuk final. Ini pertama kali tim putri tembus ke final Asian Games setelah hampir tidak diberangkatkan,” ujarnya.

“Sebagai evaluasi, saya lihat mental tanding anak-anak memang masih kurang karena lawan-lawan kita ini sudah mengikuti banyak kompetisi, sedangkan kita mau ikut kejuaraan saja masih susah. Tapi mereka bisa memperlihatkan kemampuan terbaik mereka,” katanya.

(mcy/krs)

Sepak
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com