0

Siapa Politikus yang Maju Pilpres AS 2024 Selain Biden-Trump?

siapa-politikus-yang-maju-pilpres-as-2024-selain-biden-trump?

Sederet politikus Amerika Serikat ramai-ramai mendeklarasikan diri sebagai kandidat presiden untuk bersaing di Pilpres AS 2024 mendatang. Sederet politikus Amerika Serikat ramai-ramai mendeklarasikan diri sebagai kandidat presiden untuk bersaing di Pilpres AS 2024 mendatang. (ANGELA WEISS dan MANDEL NGAN / AFP)

Jakarta, CNN Indonesia

Sederet politikus Amerika Serikat ramai-ramai mendeklarasikan diri sebagai kandidat presiden untuk bersaing di Pilpres AS 2024 mendatang.

Pada pesta demokrasi kali ini, Presiden Joe Biden kembali ikut memperebutkan kursi kepresidenan untuk periode keduanya. Jika terpilih lagi, ia akan jadi presiden tertua dalam sejarah AS.

Bukan cuma Biden, mantan Presiden Donald Trump juga sudah mengajukan diri ikut ‘bertarung’. Bahkan, niat hatinya itu sudah diumumkan sejak 2022.

Selain keduanya, tokoh-tokoh lain juga mendeklarasikan diri sebagai bakal calon presiden.

Mantan Wakil Presiden Mike Pence pada Rabu (7/6) disebut bakal meluncurkan kampanye resmi melalui video dan pidato mengenai pencalonannya di negara bagian Iowa, bertepatan dengan hari ulang tahunnya.

Tim kampanye mantan Gubernur Indiana itu bahkan sudah mengajukan deklarasi pencalonan Pence kepada Komisi Pemilihan Federal Amerika Serikat.

Pence akan maju menjadi bakal calon presiden AS dari Partai Republik, menyaingi Trump.

[Gambas:Video CNN]

Mantan Duta Besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Nikki Haley, juga mengajukan diri sebagai bakal calon presiden AS dari Partai Republik. Pencalonan itu diumumkan pada 14 Februari saat hari Valentine.

Eks Gubernur Arkansas Asa Hutchinson juga mendeklarasikan diri sebagai kandidat capres dari Partai Republik. Deklarasi itu disampaikan Hutchinson pada April lalu.

Senator Tim Scott juga mengumumkan pencalonannya menjelang Pilpres 2024. Satu-satunya senator kulit hitam dari fraksi Republik itu mengungkapkan pernyataannya pada Mei.

Tak cuma itu, Gubernur Florida Ron DeSantis juga mengumumkan dirinya berniat mencalonkan diri sebagai capres AS pada pemilu 2024. Pengumuman itu disampaikan pada 24 Mei, yang secara resmi membuatnya menjadi penantang terkuat Trump dari Partai Republik.

Pada April ini, penyiar radio konservatif Larry Elder juga turut mengumumkan pencalonan sebagai capres dari Republik.

Mantan kandidat calon Gubernur California itu pede pengalamannya mencalonkan diri serta jutaan suara yang pernah dia terima menunjukkan bahwa dia punya pesan yang sama dengan para pemilih.

Selain Elder, kandidat non-politikus lainnya juga banyak yang telah mendeklarasikan diri. Sebut saja aktivis lingkungan sekaligus keponakan mantan Presiden AS John F Kennedy, Robert F Kennedy; pengusaha Ohio, Vivek Ramaswamy; serta pengusaha Michigan, Perry Johnson.

(blq/rds)

[Gambas:Video CNN]

Siapa
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com