0

Viral, Banyak Barang Bekas Pendaki Bertebaran di Gunung Everest

viral,-banyak-barang-bekas-pendaki-bertebaran-di-gunung-everest

CNN Indonesia

Rabu, 07 Jun 2023 20:15 WIB

Bagikan :  

Berbagai jenis sampah yang tampak di South Col, Gunung Everest antara lain kantong tidur, sepatu, sendok, dan sejumlah barang bekas pakai para pendaki lainnya. Para pendaki di Gunung Everest, Nepal. (AFP/Lakpa Sherpa)

Jakarta, CNN Indonesia

Unggahan video pemandu pendakian lokal bernama Tenzi Sherpa menyoroti jumlah sampah yang tertinggal di Camp 4 jalur pendakian Gunung Everest atau yang disebut South Col, Nepal.

Dalam video di media sosial Instagram itu, tampak banyak sampah bertebaran di South Col Gunung Everest, yang menyita perhatian netizen hingga menjadi viral.

Berbagai jenis sampah yang tampak di South Col Gunung Everest antara lain kantong tidur, sepatu, sendok, dan sejumlah barang bekas pakai para pendaki lainnya.

South Col memang menjadi kamp yang sering digunakan para pendaki sebelum summit attack ke puncak Gunung Everest. Tak heran, banyak barang-barang bekas pakai pendaki yang ditinggal di South Col.

South Col merupakan lembah yang lokasinya berada di puncak Everest dan Lho La Pass di perbatasan Nepal-Tibet. South Col banyak dipilih sebagai camp pendaki, karena area yang kerap tersapu angin kencang, sehingga bebas dari akumulasi salju yang signifikan.

Seperti dilansir Reuters, sekitar 200 kg sampah sudah dibawa turun dari Gunung Everest oleh Tenzi Sherpa. Sementara laporan lain, pihak berwenang mengumpulkan 13 ton sampah dari Everest dan Puncak Lhotse pada tahun ini, sebagai bagian dari kampanye menjaga kebersihan gunung atau Clean Mountain.

“Ini perkemahan terkotor yang pernah saya lihat. Kita dapat saksikan banyak tenda, botol oksigen kosong, mangkuk besi, sendok, bantalan sanitasi, dan kertas,” tulis Tenzi Sherpa di akun Instagramnya.

“Saya merasa begitu sedih. Saya telah melihat banyak kelompok ekspedisi dan perusahaan memotong logo perusahaan dan meninggalkan semua tenda di sana,” imbuhnya.

[Gambas:Instagram]

Sebenarnya, sejak bertahun-tahun lalu, kampanye Clean Mountain sudah dimulai. Sayangnya, masih banyak pendaki tetap meninggalkan sampah di Gunung Everest.

Pendaki Gunung Everest Bisa Klaim Deposit Sampah Rp60 Juta

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

HALAMAN :

Bagikan :  

Viral
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com