ArtikelWordpress
0

Apa itu CMS WordPress : Sejarah, Kegunaan Serta Alasan Penggunaan

Mrjulianto.com – Kamu ingin membuat website? Tentunya harus memiliki skill atau menguasai beberapa bahasa pemprograman yang digunakan dalam pembuatan website yang umumnya seperti PHP, Javascript maupun HTML sebagai pembuatan kerangka website dan CSS untuk melakukan styling pada kerangka web.

Jika kamu tidak menguasai beberapa bahasa pemprograman yang memang terkait dalam pembuatan website, pastinya ini akan membuatmu kesulitan dalam proses pembangunan websitennya. Oleh karena ini dibuatlah sebuah CMS (Content Management System) yang powerfull untuk membuat sebuah website yang kamu inginkan yaitu WordPress.

Ya, WordPress merupakan CMS (Content Management System) yang diciptakan untuk membuat atau membangun sebuah website. Tentunya dengan WordPress ini kalian dapat membuat website yang aman dan membangun secara cepat dan mudah.

Sejarah CMS WordPress

apa itu wordpress

WordPress adalah sebuah CMS platform pembuatan website yang diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003. berawal dari ditutupnya software blogging bernama b2/cafeblog, Matt dan Mike sebagai pengguna b2/cafeblog, menginisiasi pembuatan software serupa.

Di tahun 2004, kedua progammer itu lalu merilis WordPress 1.0 dengan fungsi-fungsi dasar seperti yang dimiliki b2/cafeblog yang dimodifikasi. Lalu dimulailah saat itu perjalanan WordPress hingga saat ini menjadi CMS paling populer di seluruh dunia.

Ada hal yang cukup penting untuk dijelaskan, pada umumnya WordPress memiliki 2 jenis. Diantaranya adalah WordPress.com dan WordPress.org. Mengapa hal ini begitu penting? Sebab keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda sehingga website yang dihasilkan juga berbeda.

Sederhannya, WordPress.com merupakan versi berbayar dan WordPress.org versi “gratis.” WordPress.org sendiri dibuat secara khusus untuk komunitas dan source Web WordPressnya bisa kita unduh secara cuma cuma.

Kegunaan CMS WordPress

CMS Yang satu ini tentunya memiliki cukup banyak kegunaan dalam proses pembuatan website. Dengan fitur – fitur yang begitu melimpah dan banyaknya dukungan plugin pihak ketiga yang membuat wordpress kaya fitur dan sangat kustomisasi.

Berikut adalah daftar beberapa kegunaan CMS WordPress diantaranya:

  • Dapat digunakan untuk membuat Website Pribadi
  • Bisa digunakan untuk membuat Website Ecommerce
  • Untuk membuat Website Perusahaan

Tentunya wordpress adalah sebuah solusi yang paling praktif digunakan untuk membangun website secara cepat.

Alasan Penggunaan WordPress

apa itu wordpress

WordPress memberikan tawaran pembuatan website secara gratis dan komunitas yang besar, tentunya ini akan mempermudah kamu jika ingin membangun website dengan CMS yang satu ini. Berikut diantara lainnya beberapa alasan kenapa harus membangun website menggunakan WordPress

  1. Komunitas yang besar, tentunya alasan ini menjadikan kamu untuk memilih WordPress sebagai pembangun websitemu.
  2. WordPress memiliki segudang fitur keren dan kustomisasi lengkap yang akan menjadikan websitemu powerfull.
  3. Ramah untuk pemula dan ahli, membangun website dengan WordPress cukup mudah, ini akan membuat ahli bahkan pemula lebih mudah dalam membuat websitenya.
  4. Tema Website yang banyak, banyak sekali theme pihak ketiga yang bisa kamu download dan install ke WordPressmu dan bisa di sesuaikan dengan jenis website yang akan dibuat.

Tentunya masih banyak lagi alasan untuk kamu, mengapa harus menggunakan WordPress sebagai core websitemu.

Kelemahan CMS WordPress

Disamping banyaknya fitur yang melimpah, kustomisasi yang mempermudah pengguna, WordPress pun masih meiliki beberapa kelemahan. Diantaranya adalah:

  1. Tidak dapat membuat website yang sifatnya sangat spesifik karena tidak ada dukungannya dari plugin bawaan maupun pihak ketiga, jadi kamu harus membuat websitemu menggunakan Framework ataupun secara native.
  2. Rentan terhadap serangan Malware, ini disebabkan plugin atau tema pihak ketiga karena kurangnya pengawasan saat proses penginstalan yang kemungkinan akan masuknya malware yang dapat merusak website.
  3. Website akan terasa lambat jika terlalu banyak menginstall plugin atau sembarang tema yang banyak memuat assets website.
Tags: , , , , , , ,

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

four × two =

Most Viewed Posts
Menu