Artikel
0

Apa itu JavaScript ? Sejarah, Fungsi, Keunggulan Javascript

Mrjulianto.com –  Perkembangan teknologi sampai saat ini sudah sangat pesat. Contohnya adalah komputer yang tercipta dan kita gunakan sekarang ini. Didalam komputer, terdapat sebuah intruksi intruksi yang kita sebut sebagai sebuah Bahasa Pemprograman. Sebagai mana fungsinya sebuah bahasa pemprograman yang di dibuat oleh seorang programmmer untuk menjalankan perintah ke Komputer.

Bahasa pemprograman memiliki banyak jenisnya serta juga memiliki fungsi yang berbeda beda. Ada Bahasa Program PHP yang dijalankan dalam sisi server, ada juga Python yang bisa digunakan untuk AI dan lainnya. Akan tetapi pada artikel kali ini, Saya akan menjelaskan tentang Bahasa Pemprograman JavaScript. Untuk itu, mari kita simak mengenai JavaScript secara mendasar terlebih dahulu.

Sejarah JavaScript : Sebagai Bahasa Pemprograman Terpopuler dan Banyak digunakan

apa itu javascript

Apakah kalian tahu, apa itu JavaScript ? JavaScript adalah sebuah Bahasa Pemprograman. JavaScript merupakan Bahasa Pemprograman yang di desain untuk dijalankan pada Web Browser Client. Sebagaimana fungsinya, JavaScript biasa digunakan dalam sebuah website untuk keperluan interaksi dan kedinamisan dalam Web.

Dalam sejarah Javascript yang sering disingkat (JS) awal kali diciptakan pada tahun 1995. Dibuat oleh  Brendan Eich, seorang karyawan Netscape. JavaScript merupakan salah satu teknologi inti dari World Wide Web di samping HTML dan CSS.

Lebih dari 97% situs Web saat ini menggunakan JavaScript di sisi client untuk halaman Web. Mesin JavaScript pada awalnya hanya digunakan di Web Browser. Akan tetapi saat ini menjadi komponen inti dari beberapa server dan berbagai aplikasi. Sistem runtime yang paling populer untuk penggunaan ini adalah Node.js.

Fungsi dan Manfaat Penggunaan JavaScript Dalam Pembuatan Website Yang Dinamis

Fungsi dan tujuan digunakannya JavaScript adalah untuk membangun Website yang Dinamis juga Interaktif. Contohnya seperti penggunaan Animation, Element Manipulation DOM dan Lainnya. Tentunya ini akan menambahkan Interaksi dalam Web dan juga membuatnya menjadi dinamis.

Keunggulan Menggunakan JavaScript Di banding Bahasa Pemprograman Yang Lainnya

Penggunaan JavaScript memiliki keunggulan tersendiri yang membuatnya populer pada saat ini. Diantara keunggulannya adalah :

  1. Mudah Dipelajari
    Merupakan salah satu bahasa pemprograman yang mudah untuk dipelajari. Ini penjadikannya banyak digunakan oleh programmer sekarang. Tidak seperti Sintaks kode bahasa lainnya, Contohnya Java yang harus menuliskan sintaks yang cukup panjang ketika hanya ingin mencetak tulisan.
  2. Fleksibel Dalam Penempatannya
    Kamu dapat memilih penempatan kode JavaScript yang dapat kamu atur sesukamu. Contohnya dapat diletakan secara inline, External dan Internal bersamaan dengan HTML.
  3. Sudah menjadi Inti World Wide Web
  4. Perusahaan Sudah Banyak yang Memakai JavaScript
    Karena sudah lama dan ditetapkan sebagai ini World Wide Web(www), JavaScript menjadikannya banyak digunakan oleh perusahaan.
  5. Dukungan Framework dan Library yang Banyak
  6. Tidak perlu aplikasi yang berat dan banyak untuk menjalankan JavaScript
    Untuk menjalankan Bahasa Pemprograman ini, hanya cukup dengan Aplikasi Text Editor saja dan sebuah Web Browser.

Tentunya masih banyak lagi jika disebutkan satu persatu.

Contoh Penulisan Sintaks JavaScript

apa itu javascript

Penulisan Sintaks JavaScript memiliki 3 Cara diantaranya adalah dengan menuliskan secara Internal, External dan Inline. Berikut sebagai contohnya dari cara penulisan sintaks JavaScript.

1. Penulisan Sintaks JavaScript Secara Internal

Penulisan sintaks javaScript secara internal yang penulisan yang peletakan kodenya langsung bersamaan dengan tag HTML.

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<meta charset=“utf-8”>
<meta name=“viewport” content=“width=device-width, initial-scale=1”>
<title>JavaScript</title>
<script type=“text/javascript”>
// INI ADALAH CARA PENULISAN INTERNAL JAVASCRIPT
alert(‘Hello World!’);
</script>
</head>
<body>
<h1>Jalankan JavaScript Dibawah Ini</h1>
<p>Hasilnya:</p>
<script type=“text/javascript”>
// INI ADALAH CARA PENULISAN INTERNAL JAVASCRIPT
document.write(‘Hello World!’);
</script>
</body>
</html>

 

2. Penulisan Sintaks JavaScript Secara External

Penulisan sintaks secara External yaitu dengan cara membuat file dengan ekstensi .js. Contoh example.js yang berisikan kode JavaScript didalamnya:

example.js
alert(‘Hello World!’);
console.log(‘Success, Please press CTRL + Shift + i and check in tag Console!’);
document.write(‘<h1>Hello World!</h1>’);

3. Sintaks JavaScript Secara Inline

Sintaks JavaScript secara iniline berarti menuliskannya langsung pda tag html yang mendukung untuk penulisan program JavaScript.

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>
<!– Penulisan inline JavaScript dapat dilihat pada code dalam double quote onClick –>
<p onClick=“this.innerHTML = ‘Hello World!'”>Hello</p>
</body>
</html>

Itulah beberapa cara untuk menuliskan sintaks JavaScript. Abaikan untuk codenya terlebih dahulu jika belum paham. Kita kenali terlebih dahulu mengenai JavaScript untuk artikel kali ini dari Sejarah, Fungi dan Keunggulannya.

Baik sampai disini dulu untuk penjelasan kali ini mengenai JavaScript. Untuk Artikel selanjutnya akan dibahas mengenai JavaScript dasar bagian 2 tentang Aturan Penulisan dan Variable pada JavaScript.

Tags: , , , , , , , ,

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

two × two =

Most Viewed Posts
Menu