Artikel
0

Rekomendasi Text Editor Untuk Menulis Sintaks Kode Pemprograman

Mrjulianto – Dalam membuat sebuah software, sudah pastinya kita memerlukan sebuah aplikasi yang berguna untuk menuliskan kode program kita. Banyak sekali aplikasi yang tersedia untuk tempat menuliskan kode pemprograman. Seperti contohnya adalah Atom ataupun Sublime Text. Dengan adanya fitur – fitur yang ada dalam aplikasi tersebut. Tentunya akan sangat membantu untuk menyusun sintaks kode program yang kita buat nantinya.

Text Editor untuk penulis bahasa program seperti javascript, php & python yang kita susun nantinya, tentu akan mempengaruhi cara dan efesiensi juga kecepatan dalam pembuatan software aplikasi. Maka dari itu, ada baiknya kita bisa menentukan atau memilih aplikasi editor yang tepat. Maka dari itu, Admin disini akan memberikan rekomendasi teks editor yang mungkin akan cocok kalian gunakan.

Rekomendasi Text Editor Untuk Menulis Sintaks Kode Pemprograman

Visual Studio Code

rekomendasi text editor

Aplikasi visual studio code, jika kalian para programmer pastinya pernah mendengar nama aplikasi ini. Visual Studio Code atau biasa disingkat (VSC), adalah aplikasi editor yang dibuat oleh Microsoft. Aplikasi ini tersedia untuk berbagai jenis OS seperti Windows, MacOs, dan Linux.

Visual Studio Code terdapat banyak sekali fitur – fitur yang sangat membantu sekali dalam pemprograman. Kalian dapat  menggunakan aplikasi ini dengan gratis. Aplikasi ini sudah banyak sekali yang menggunakan sejak awal rilis.

Dalam aplikasi Visual Studio Code ada banyak fitur dan extension khusus dalam menyusun sintaks program. Contohnya adalah kita dapat menambahkan extension untuk autocomplete sintaks. Ada juga untuk mengelola file dengan Git, custom theme,  dan Run & debug code.

Kalian dapat mendownload aplikasi ini di halaman website officialnya langsung melalui link code.visualstudio.com

Sublime Text

rekomendasi text editor

Aplikasi Sublime Text merupakan salah satu rekomendasi alat Text editor yang admin pilih. Pada aplikasi ini juga terdapat banyak fitur yang dapat digunakan untuk membantu menyusun program yang kalian buat. Fitur – fitur yang ada seperti Tab Multi Select, Code Hilighter dan Auto Complete Program.

Ada juga aplikasi terpisahnya yaitu Sublime Merge. Aplikasi tersebut digunakan untuk memanage kode dan menghubungkannya ke layanan Git.

Kalian bisa mendownload aplikasi teks editor Sublime Text pada halaman resminya di sublimetext.com.

Sublime Text bisa kalian coba pada versi Sublime Text 3 dan terbarunya Sublime Text 4 yang terdapat peningkatan fitur didalamnya.

Text Editor Atom

rekomendasi text editor

Rekomendasi aplikasi text editor yang terakhir adalah aplikasi Atom. Atom Text Editor adalah project open source. Kalian bisa menggunakan aplikasi ini dan ikut bergabung dengan komunitas dalam membantu meningkatkan perkembangan aplikasi.

Atom Text Editor Juga terdapat banyak sekali fitur yang ada didalamnya. Contoh fitur fitur yang tersedia seperti auto Complete program, Search and Replace text, kustomisasi tema juga pengelola dengan Git.

Tentunya dengan adanya Text editor Atom, akan sangat membantu sekali dalam mempermudah menyusun sintaks kode program. Maka dari itu, jika kalian ingin mencoba aplikasi ini, bisa membuka langsung halaman resmi website Atom di atom.io.

Sebenarnya masih ada banyak lagi text editor yang sangat berguna sekali dalam membantu menuliskan program Kalian. Akan tetapi Admin hanya memberikan 3 rekomendasi saja. Kalian bisa memilih dari saran aplikasi yang Admin sebutkan diatas. Pastikan baik baik aplikasi yang tepat untuk kamu dalam menyusun sintaks kode program sampai kedepannya. Karena tentunya akan menentukan kecepatan, dan efesiensi waktu yang dibutuhkan saat proses development.

Tags: , , , , , , , ,

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

fourteen − 10 =

Most Viewed Posts
Menu