...
0

Skuad Timnas Indonesia Paling Mentereng di Piala AFF U-23

RajaBackLink.com
skuad-timnas-indonesia-paling-mentereng-di-piala-aff-u-23

CNN Indonesia

Sabtu, 12 Agu 2023 11:16 WIB

Timnas Indonesia U-23 akan tampil di Piala AFF U-23 2023 dengan skuad paling beken dibanding kontestan lainnya, meski persiapannya sangat minim.
Rizky Ridho termasuk pemain berpengalaman yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-23. (REUTERS/CHALINEE THIRASUPA)

Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia U-23 akan tampil di Piala AFF U-23 2023 dengan skuad paling beken dibanding kontestan lainnya, meski persiapannya sangat minim.

Ini karena skuad Timnas Indonesia U-23 diperkuat pemain-pemain berpengalaman. Dari 23 pemain yang dipanggil Shin Tae Yong ke pemusatan latihan misalnya, tujuh di antaranya pernah membela Timnas Indonesia (senior).

Dalam skuad yang sama, hanya ada satu pemain yang belum tampil di Liga 1 musim ini. Ya, hanya Daffa Fasya (kiper Borneo FC) yang belum punya menit main. Kendati demikian ini bukan perkara besar.

Ernando Ari Sutaryadi dan Adi Satryo jadi andalan Persebaya Surabaya dan PSIS Semarang pada musim ini. Dengan kata lain bukan tak mungkin Daffa hanya akan menjadi pelengkap skuad.

Selanjutnya delapan bek yang dipanggil Shin yaitu Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Komang Teguh, Bagas Kaffa, Muhammad Ferarri, Dzaky Asraf, Frenky Missa, dan Kadek Arel sudah dikenal sejak Indonesia U-16 atau U-19.

Begitu juga dengan daftar pemain lini tengah dan depan, semuanya punya rekam jejak menjanjikan. Hanya Salim Tuharea, Esal Sahrul, dan Muhammad Ragil sebagai wajah baru, walau namanya tak asing di kompetisi.

Sekitar 50 persen dari skuad untuk Piala AFF U-23 2023 ini adalah pemain-pemain yang meraih medali emas SEA Games 2023 di Kamboja. Ini menandakan bahwa Indonesia hadir ke kejuaraan dengan serius.

Bandingkan dengan Thailand yang lebih dari 70 persen skuadnya berbeda dari SEA Games 2023. Hanya ada beberapa nama yang dipanggil Issara Sritaro ke timnas, seperti Songchai Thongcham.

Vietnam pun demikian. Dari 28 pemain yang dipanggil Hoang Anh Tuan, sebagian besar bukan bintang utama. Ini karena Vietnam tengah menyiapkan tim untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 bersama Philippe Troussier.

Bintang muda Vietnam seperti Nguyen Van Tung, Nguyen Thai Son, dan Nguyen Duc Phu, yang jadi andalan di SEA Games lalu tak ambil bagian di Piala AFF. Kendati begitu persiapan Vietnam paling panjang.

Karenanya pula kalangan memprediksi Indonesia akan tampil hingga partai puncak dan meraih gelar. Piala AFF U-23 2023 akan berlangsung di Rayong, Thailand pada 17 hingga 26 Agustus 2023.

[Gambas:Video CNN]

(abs/ptr)

Skuad
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com