0

Survei Litbang Kompas: PSI dan 8 Partai Lainnya Tak Lolos DPR

Jakarta, CNN Indonesia

Survei terbaru Litbang Kompas memprediksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan delapan partai lainnya tidak lolos ke DPR RI karena perolehan suara tak sampai 4 persen pada Pileg 2024.

Survei Litbang Kompas pada Desember 2023, tingkat keterpilihan PSI 2,6 persen. Elektabilitas PSI naik 1,8 persen selama empat bulan, tetapi belum mampu menembus ambang batas parlemen (parliamentary threshold).

Di bawah PSI, ada Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Partai yang saat ini punya kursi di DPR itu cuma memiliki elektabilitas 2,4 persen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PPP berada di urutan ke-10, disalip PSI dalam waktu empat bulan. Padahal, elektabilitas partai pendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD itu naik 0,8 persen.

Sementara itu, ada tujuh partai lain yang diprediksi tak lolos DPR karena elektabilitasnya di bawah 4 persen. Mereka adalah Partai Perindo, Partai Buruh, PBB, Partai Ummat, Partai Garuda, Partai Gelora, dan Partai Hanura.

Di saat bersamaan, masih ada 17,3 persen responden yang belum memutuskan pilihan. Jumlah ini meningkat 5,9 persen dari bulan Agustus 2023.

Litbang Kompas menggelar survei ini pada 29 November hingga 4 Desember 2023. Survei ini menggunakan metode penelitian pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi.

Ambang batas kesalahan survei atau margin of error sebesar +/-2,65 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei serupa digelar Indikator Politik Indonesia pada 27 Oktober-1 November 2023. Hasilnya, ada 10 partai yang diprediksi tak lolos ke DPR.

Mereka adalah PPP (3 persen), Perindo (1,5 persen), PSI (0,9 persen), Hanura (0,6 persen), Gelora (0,2 persen), Partai Buruh (0,2 persen), PKN (0,1 persen), PBB (0,1 persen), Partai Garuda (0,1 persen), dan Partai Ummat (0,0 persen).

Ada 14,9 persen responden tidak menjawab.

(dhf/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Artikel
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com