0

TPN Ganjar-Mahfud soal Survei Pilpres 2024 Satu Putaran: Masih Jauh

CNN Indonesia

Senin, 11 Des 2023 19:14 WIB

TPN Ganjar-Mahfud merespons survei yang menyebut Pilpres 2024 bisa satu putaran dengan keunggulan Prabowo-Gibran.
TPN Ganjar-Mahfud respons hasil survei yang menempatkan Prabowo-Gibran dan prediksi Pilpres 2024 satu putaran. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)

Jakarta, CNN Indonesia

Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjojanto meyakini hingga saat ini belum ada data yang menyimpulkan Pilpres 2024 akan berlangsung dalam satu putaran.

AW, sapaan akrabnya, sekaligus merespons sejumlah hasil survei terkait elektabilitas sejumlah hasil survei dalam sebulan terakhir. Termasuk di antaranya hasil survei Litbang Kompas terbaru, Senin (11/12) yang mencatat keunggulan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dari Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

“Kesimpulan lain yang kami ambil adalah ketika melihat hasil-hasil survei ini adalah adanya pasangan 02 yang menargetkan pemilu satu putaran juga masih jauh dari target tersebut,” kata Andi dalam jumpa pers di Media Center TPN, Senin (11/12).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Andi menuturkan pihaknya telah mencermati sejumlah hasil survei tersebut. Hasilnya, kata dia, ada diferensiasi di antara sejumlah hasil survei tersebut dan membuat pihaknya harus terus mencermati penyebab hal itu.

Hasil kesimpulan sementara, Andi meyakini bahwa Pilpres 2024 masih sangat terbuka bagi ketiga pasangan calon. Tidak ada satu pasangan calon yang bisa diunggulkan untuk menang.

“Nah defiasi antara satu survei dengan satu survei lain ini kami amati dan kemudian memberikan pemahaman bahwa pada dasarnya Pemilu 2024 masih sangat-sangat terbuka,” ucap Andi.

Mantan Gubernur Lemhannas itu berujar TPN Ganjar juga telah melakukan satu metode triangulasi terhadap sejumlah hasil survei sejumlah lembaga. Hasil survei akan diadu dengan metode kualitatif lewat diskusi langsung dengan masyarakat, juga dengan dibaca dengan aplikasi artificial intelligence (AI).

Metode triangulasi itu nantinya akan menghasilkan data komprehensif yang bisa dibaca selama 12 hari terakhir kampanye Ganjar dan Mahfud.

“Sehingga kami bisa mengetahui data real time hari ke hari, juga bisa menemukan pola-pola panjang apakah tentang 12 hari ke belakang saat kampanye sudah dilakukan,” kata Andi.

Sejumlah hasil survei masih mencatat keunggulan pasangan Prabowo-Gibran terkait elektabilitas capres-cawapres dua bulan menjelang pemungutan suara 12 Febuari 2024. Sementara persaingan ketat terjadi antara pasangan nomor urut 1 dan 3, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

(thr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Artikel
RajaBackLink.com

More Similar Posts

RajaBackLink.com
Postingan Lainnya
RajaBackLink.com